Rabu, 23 April 2014

MC - Mak Comblang Dalam Islam - Pernikahan Riza Muhammad dan Indri Giana

SOLUSI BAGI PEMALU adalah MAK COMBLANG ^_^

Alhamdulillah, tanggal 14 maret 2014 tertulis dalam undangan ustadz Riza dan Indri Giana melangsungkan pernikahan mereka. Bahagia yang teramat dalam seolah menjadi ukiran kisah yang mengantarkan pada awal pertemuan mereka. Flashback awal Indri yang curhat tentang keluarga, keinginan mengkaji Islam lebih dalam dan lainnya. Subhanallah... inilah yang dikatakan hidayah, siapa yang diberikan hidayah pada Allah tak akan ada yang meghalanginya yang terpenting raih dan dekap hidayah yang diberikanNya agak tak lepas dan hilang. Entah mengapa saat itu terbesit wajah sahabat saya yang juga satu program sinetron stiping di SCTV - PRR4, Ustadz Riza. 
Ustadz Riza, sekian lama mencari jodoh namun belum juga ada yang cocok. Bahkan di program hafidz Indonesia RCTI selalu di sounding ke-jombloannya. Dimulai dari usia yang muda sampai yang sepuh, hehehehe... "Nehi, nehi, nehi." hehehe...
Ide kreatif berlompatan, gimana kalo menjodohkan mereka berdua, menanyakan pada Indri Giana, "Mau gak ane jodohin sama ustadz." jawabannya iya. "Ustadznya siapa kak?", sambil senyum-senyum, ana menjawab, "Ustadz Riza.." hehehe.. cut! Yups, itulah awal memutuskan untuk menjadi Mak Comblang. Kenapa gak? Ustadz Riza yang baik, ramah dan pemalu. Juga Indri, wanita yang baik, hijrah mengenakan jilbab, proses belajar yang semangat dalam mendalami Islam dan tentunya pemalu juga. Bagaimana mereka yang pemalu dapat saling mengenal, Mak Comblang jawabannya. ^_^ Alhamdulillah... 7 bulan proses ta'aruf mereka hingga akhirnya menuju ke tangga pernikahan :)

Bagaimana Mak Comblang dalam Islam? 
Batasan apa saja yang diperhatikan bagi Mak Comblang? 
Strategi Mak Comblang dalam misi dan visi untuk sampai pada tangga pernikahan?

Kak Lulu Susanti dan Dek ' Indri Giana :) Ini adalah awal ide kreatif menjodohkan adik yang manis 
Saat mengantarkan undangan pernikahan mereka :) "Alhamdulillah ya berkah... "
Menjadi Mak Comblang ternyata gak gampang. Karena kita tidak hanya mengenalkan dua orang, namun dua keluarga besar. Bahkan ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh Mak Comblang. Trus gimana ya caranya menjadi Mak Comblang yang bertanggung jawab? Ini cerita unik, fakta di Saudi Arabia ada ratusan mak comblang alias perantara jodoh di Arab Saudi berkumpul. Mereka bukannya sedang bersantai sambil berusaha menjodoh-jodohkan orang, tapi serius mengikuti konferensi tentang mak comblang. Konferensi itu kali pertama digelar di negara Timur Tengah itu sebagai usaha untuk melegalkan profesi tersebut.
Bahkan dalam konferensi itu juga dibahas tawaran pelatihan akademis bagi mereka yang tertarik dengan pekerjaan ini. Konferensi dengan tema 'Mak Comblang dalam Masyarakat Saudi' bertujuan untuk membentuk dasar yang luas bagi mak comblang laki-laki atau perempuan sehingga bisa bekerja sesuai dengan aturan agama dan hukum.

Konferensi dan upaya melegalkan profesi mak comblang ini dipicu oleh kian meningkatnya perawan tua di Arab Saudi. Demikian dikatakan Sekjen Asosiasi Weaam untuk layanan pernikahan, Mohammed al-Abd al-Qader. ''Mak comblang memainkan peranan penting untuk mengurangi perawan tua di kerajaan,'' ujarnya. ''Berdasarkan statistik terbaru, ada 1,5 juta perawan tua dan ada peringatan bahwa jumlah itu bakal meningkat sampai empat juta orang jika solusinya tidak ditemukan.'' Melalui konferensi itu, Qader berharap, profesi mak comblang akan diakui secararesmi dan kemudian dibuat peraturannya agar proses perjodohan yang dijalankan sesuai dengan Alquran dan Sunah, serta tradisi masyarakat Saudi. ''Konferensi ini juga mencari bentuk kursus mak comblang yang baik agar lebih efisien,'' tambahnya. Tak hanya itu, konferensi juga mendiskusikan kemungkinan memperkenalkan ijazah baru yang harus diperoleh oleh semua pria atau wanita yang ingin bekerja sebagai mak comblang. Tugas mak comblang harus tanggung jawab .
Jelas dalam al Qur'an "Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan AllahMaha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui"( QS. AN NUR 38).

Sahabat-sahabatku, Mak comblang dalam Al Quran merupakan tugas yang sangat mulia dan merupakan suatu ibadah. Hal ini dikarenakan mak comblang mempertemukan dan menyatukan 2 orang untuk menikah yang mana menikah sendiri adalah merupakan ibadah. Dan karena membuat orang lain bahagia juga merupakan ibadah dan berpahala besar. Proses proses yang dilalui sebelum menikah juga merupakan ibadah asalkan dilakukan sesuai syariat. Pada jaman Nabi dulu, dalam perkawinan Nabi Muhammad dengan Khadijah, tak lepas dari peran mak comblang. Apa saja yang yang penting menjadi MC?
Ada beberapa hal yang terpenting yang harus diperhatian ketika menjadi mak Comblang:
1. Berniat hanya karena Allah. Jadi mak comblang harus iklhlas, tidak mengharapkan pamrih apa pun dari pasangan yang dicomblagi.
2. Mencomblangi pasangan yang berorientasi untuk nikah, bukan pacaran semata. Seseorang yang menunjukkan kebaikan, maka ia akan memperoleh kebaikan pula. Dan orang yang menunjukkan pada keburukan maka ia akan memperoleh keburukan itu juga.
3. Mak comblang harus mengenal betul karakter pasangan yang dicomblangi. Latar belangkang masing-masing, keluarga, pendidikan, karakter dan tentunya pengamalan agama terlebih pria akan menjadi imam dalam rumah tangga dan wanita menjadi ibu bagi anak-anaknya kelak yang akan mengajar dan mendidik secara Islami. 
4. Mak comblang harus mempunyai pandangan kalau pasangan yang akan dicomblangi tersebut sekufu. Dalam hal ini dilihat dari segi kafaah terutama agamanya untuk meminimalkan ketidakcocokan pasangan tersebut.
5. Mempertemukan dan mengenalkannya harus sesuai syariat.
Tidak ada salahnya menjadi mak comblang, dan tidak ada salahnya juga cowok atau cewek yang belum menikah menggunakan jasa mak comblang. Mulai sekarang mulai lihat di sekeliling kita yuk? Teman atau saudara yang belum memperoleh pasangan untuk menikah. Dengan menjadi mak comblang akan membantu mereka menemukan pasangan untuk berjuang bersama dalam beribadah, yaitu pernikahan. Menjadi mak comblang pahalanya besar loh. Tapi yang paling penting untuk diingat, bukan yang berorientasi pacaran tapi benar benar untuk nikah. Semangat mak Comblang, semangat fastabiqul khoirot ^_^

2 komentar:

  1. assalamu'alaikum kak lulu :)
    bisa jelasin tentang ta'aruf gimana gak??
    gimana tata cara pelaksanaannya, dll nya..
    aku pengen ngerti.. soalnya,, takut salah.. makasih

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum kak lulu,
    Saya juga ingin dibantu untuk ber ta'aruf,,mohon bantuannya,,
    Ini email sy noviapoetri@gmail.com/085737193161

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)