Selasa, 11 Februari 2014

Ceria Bersama Roadshow Dongeng Kak Lulu dan Ina

Mendongeng Bersama Kak Lulu dan Ina
Mendongeng Kak LULU dan INA di Rumah  Pintar Cikeas, Milik Bapak SBY Susilo Bambang Yudhoyono -Presiden RI
Bersama Kak Anisa Pohan dan Kak Alya serta adik-adik di Rumah Pintar dan para Bunda, semangat mendongeng.  
Alhamdulillah, senang sekali berkumpul bersama sahabat-sahabat kecil yang hebat-hebat. Tentunya silaturahim kak Lulu bersama Ina akan memberikan kisah menarik, kisah indah, kisah yang ada di dalam al Qur'an. 

Dongeng kak Lulu dan Ina kali ini, si rumah pintar Cikeas milik Bapak preseiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Hadir juga kak Anisa Pohan dankak Alya. Kak Lulu tidak hanya berbagi pengalaman, sedikit kita berbagi tentang manfaat mendongeng

Untuk para bunda, para yanda para guru yang menganggap mendongeng mungkin sangat merepotkan. Ternyata mendongeng adalah hal yang menyenangkan, antara lain dengan berkisah atau mendongeng untuk anak dapat merekatkan hubungan orang tua dengan anak sehingga lebih harmonis. Mendongeng juga dapat mengoptimalkan perkembangan psikologis dan kecerdasan anak secara emosional. Mendongeng juga dapat mengembangkan dayaiImajinasi anak. 

Bunda, yanda dan para guru...
tak heran jika dunia anak adalah dunia imajinasi,  anak mempunyai dunianya sendiri dan tak jarang mereka berbicara denga teman khayalannya. 

Dengan mendongeng juga dapat meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa karena dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif terlebih kisah-kisah yang ada di dalam al qur'an, kisah tauladan lainnya, sehingga membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.

Mendongeng juga dapat membangkitkan Minat Baca Anak. Ingin anak kita mempunyai minat baca yang baik? maka jawabannya adalah yuk bersama-sama kita mendongeng untuk anak.  

Dengan memberikan cerita dongeng anak-anak, maka anak-anak akan tertarik dan rasa penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu. Inilah dimana keinginan untuk membaca menjadi semakin meningkat. Dengan membacakan buku cerita yang menarik kepada anak adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan.

Mendongeng juga dapat membangun kecerdasan emosional anak. Dengan dongeng anak-anak maka kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan. Dongeng anak-anak akan membantu anak dalam menyerap nilai-nilai emosional pada sesama. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan emosional juga penting disamping kecerdasan kognitif. Kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial mereka kelak.

Bunda, yanda dan para guru... Dongeng juga dapat membentuk rasa empati anak. Melalui stimulasi cerita dongeng anak, kepekaan anak pada usia 3-7 tahun akan dirangsang mengenai situasai sosial disekitar mereka. Anak ini maka mereka akan belajar berempati terhadap lingkungan sekitar. 

Mendongeng Ceria bersama Kak LULU dan INA, Bersama JV, JUSTICE VOICE Jakarta
Bunda, yanda dan para guru...
Indahnya kisah di dalam al qur'an karena terdapat hikmah-hikmah dari kisah-kisah yang diceritakan dalam al Quran sangat banyak sekali, di antaranya :
Pertama, sebagaimana yang Allah sebutkan dalam firmanNya
فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir” 
(QS. Al A’raf: 176)
Dongeng Ceria Kak Lulu dan Ina di Ta'lim Anak Bintaro - Bersama Kak Dewi Sandra yang telah berhijab, Alhamdulillah..
Kedua, untuk menguatkan hati Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana firman Allah :
وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ وَجَاءَكَ فِي هَذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ
Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman” (QS. Huud: 120)
Peneguhan hati dengan kisah Al Quran ini selain untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, juga untuk selain beliau. Betapa banyak kisah-kisah Quran tersebut menjadi penerang yang memberikan petunjuk kepada manusia.
Kak Lulu dan Ina (bersama coklat, makanan kesukaannya), dalam acara Tabligh Akbar Muharram
Dongeng Ceria di Kelapa dua Jakarta Majid Al Barakah, Bersama Ceng Zam zam.
Ketiga, dalam kisah-kisah al Quran terdapat hikmah bagi orang-orang yang berfikir.
لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal” (Yusuf: 111)
Keempat, mengambil hikmah dan pesan dari kondisi umat-umat sebelumnya. Jika mereka adalah orang-orang yang binasa, maka umat ini pun perlu diberitahu dan diminta waspada terhadap apa yang membuat umat-umat terdahulu binasa. Jika mereka termasuk orang-orang yang sukses, maka umat ini pun perlu mengambil pelajaran dengan meniti jejak kesuksesan mereka.
Dongeng Ceria bersama kak Lulu dan Ina di SDN. GONDANGDIA 01 Jakarta
Bahagia bersama, dongeng ceria bernyanyi dan menari bersama kak LULU dan INA  
Kelima, mengenal bagaimana kemampuan Allah memberikan berbagai macam hukuman kepada orang-orang yang menyimpang, sesuai dengan hikmah yang telah ditetapkanNya.
Keenam, mengenal penegakkan hujjah kepada manusia dengan diutusnya para Rasul, dan diturunkannya kitab-kitab. Mengenal bagaimana para umat terdahulu menghadapi Rosul mereka, apa yang terjadi ketika mereka ingkar kepada para Rasul dan apa yang terjadi ketika mereka menerima seruan para Rasul.
Sebagaimana yang Allah firmankan setelah menceritakan sejumlah RasulNya :
Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung. 
(Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. An Nisaa: 164-165).
Tujuan pokok dari metode kisah :
Pertama, Penetapan wahyu ilahi dan risalah kenabian bagi Rasulullah saw
Sebagaimana kita maklumi, Nabi Muhammad adalah buta huruf.  Sejarah serta para pakar telah menetapkan bahwa nabi tidak pernah pergi ke ulama Yahudi atau pun Kristen untuk mendengarkan berita dari mereka tentang Nabi Musa dan Isa serta para nabi sebelumnya. 
Santunan anak-anak yatim dalam acara tabligh akbar Muharrom, Dongeng ceria bersama Kak Lulu dan Ina
Bernyanyi bersama Kak Wafiq Azizah dan ceramah oleh Ustadz Subki Al Bughury dan Kyai Cepot 
Seandainya nabi pernah melakukan itu, maka nabi tidak akan menutup-nutupinya, dan niscaya akan diketahui oleh siapa pun. Sebab, dirinya sudah dikenal—sepanjang usia empat puluh tahun—dengan karakter yang terpuji, jujur, benar, dan setia atas segala janji dengan siapapun. 
Adapun ketika Al-Qur’an menyampaikan Seandainya nabi pernah melakukan itu, maka nabi tidak akan menutup-nutupinya, dan niscaya akan diketahui oleh siapa pun. Sebab, dirinya sudah dikenal—sepanjang usia empat puluh tahun—dengan karakter yang terpuji, jujur, benar, dan setia atas segala janji dengan siapapun. kisah-kisah para nabi dan berita umat-umat yang terdahulu, dan kisah–kisah itu cocok dengan  apa yang diterangkan oleh Injil dan Taurat, maka ia merupakan dalil yang tidak diragukan lagi. Bahwasanya Al-Qur’an bukanlah perkataan hasil rekayasa, tetapi Al-Qur’an adalah wahyu yang diturunkan dari Allah azza wajalla.
Oleh karenanya, pada akhir setiap kisah Allah selalu menutup dengan kalimat kunci yang menjelaskan bahwa semua informasi yang tertera dalam kisah tidak akan sampai kepada Muhammad saw, kecuali melalui jalur wahyu. Sebagai contoh, di akhir kisah Maryam dan kelahirannya serta pemeliharaannya yang dilakukan oleh Zakaria,  ditutup Allah dengan firman-Nya sebagai berikut. “Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad);
 padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.” (Ali Imran: 44).
Pelatihan Mendongeng Menyenangkan bersama Kak Lulu Susanti yang dihadiri oleh Para Guru RA
se Kecamatan Pancoran Mas Depok - Semangat Membangun generasi Islami dengan mendongeng
Kedua, Kisah sebagi pelajaran dan nasehat
Kisah Al-Qur’an dipaparkan dengan harapan yang membaca dapat mengambil pelajaran darinya, dan sekaligus sebagai nasehat. 
Ketiga, Mempertegar hati Rasulullah saw dalam medan dakwahTidak diragukan lagi, bahwa pemberitaan yang disampaikan oleh kisah-kisah      Al-Qur’an tentang perjuangan para nabi terdahulu dalam melaksanakan risalahnya adalah sangat berat. Rintangan yang mereka dapatkan dari perlakuan pengikutnya yang sadis dan bertindak semena-mena dihadapi dengan ketabahan dan kesabaran. Karenanya dengan cara seperti itu ada 2 hal yang didapat, yakni :
  1. Allah menolong mereka dengan memberikan  kepada mereka ketegaran, ketenangan, dan kemenangan. 
  2. Menguatkan jiwa Rasulullah saw dalam mengemban risalahnnya.                         Untuk itu, Allah berfirman sebagai berikut Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka….”           (al-Ahqaaf: 35)
Kak Lulu Susanti dan Ina dalam program TAFSIR SURAT PILIHAN MNC Muslim
Bersama UmI Durrah Baradja SH.M.Hum
Bunda, yanda dan para guru....  
InsyaAllah, semoga kita dapat senantiasa memberikan kisah-kisah kepada anak-anak kita, kisah yang termaktub dalam al -Qur'an yang memberikan banyak manfaat bagi proses pengajaran dan pendidikan yang Islami. Menuju pribadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. Aamiin...
Salam fastabiqul khoirot,
alam ukhuwah selalu.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)