Senin, 18 Maret 2013

Roadshow DongengCeria Bersama Ka Lulu @Bandar Lampung

Bandar Lampung adalah kota yang strategis bagi kunjungan wisata ke berbagai obyek wisata. Kota ini bisa dicapai dalam 1,5 jam dari Bakauheni dan 30 menit dari Bandar Udara Radin Inten. Untuk obyek wisatanya juga beragam, ada  pantai, alam pegunungan atau petualangan di hutan dan sungai, selam dan memancing, mudah dijangkau dari kota ini.
Bandar Lampung merupakan penyatuan dua kota tua, yakni Telukbetung dan Tanjungkarang. Prasarana dan sarana tersedia cukup di sini, seperti taksi, bus dalam kota dan antarkota, kereta api, taksi antarjemput antarkota provinsi, dan pusat perbelanjaan.

Awalnya hanya impian ingin datang ke Bandar Lampung dan bertemu dengan sahabat-sahabat kecil yang sholeh dan sholehah lalu berbagi cerita bersama-sama. Bukan kah mimpi milik siapa saja, namun berusaha untuk mewujudkannya adalah keistimewaan terindah dari mimpi. Alhamdulillah... Kak Lulu mulai menyusun jadwal untuk bisa Roadshow Dongeng di Bandar Lamung dan dikoordinasikan dengan kakak-kakak tim B10 Entertaiment, ada kak Elum, kak Reza dan kak Pur. Yuk semangat dongeng lewat kisah-kisah yang ada di dalam al-Qur'an.

5 Februari 2013 Roadshow Dongeng di Lampung, tepatnya di TK. Al Kautsar :) acara Roadshow Dongeng Kak Lulu disiarkan oleh PT TEGAR TV LAMPUNG. Saatnya semarakan acara-acara untuk anak-anak usia dini, salahsatunya dengan kisah-kisah yang ada di dlam al-Qur'an. Alhamdulillah ^_^
Tgl 7 Februari 2013 - Roadshow Dongeng Ka' Lulu di PAUD Sukarame Lampung. Alhamdulillah... Iya benar-benar rame :) karena berbodong-bondong hadir pula PAUD lainnya yang semangat untuk mendengarkan kisah-kisah yang ada di dalam al-Qur'an.

Bunda dan para orangtua bapak guru, seberapa sering kita  membacakan dongeng untuk Anak-anak? Apabila jawabannya jarang, yuk kita luangkan waktu lebih banyak karena mendongeng sebenarnya punya banyak manfaat. Apa saja manfaat mendongeng ?

1. Dengan dongeng dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi yang tinggi cenderung mampu menghasilkan sesuatu yang sifatnya inovatif dan original. 

2. Dongeng juga bisa diberikan sejak anak-anak masih dalam kandungan. Ibu hamil sangat disarankan untuk banyak memberikan stimulasi berupa sugesti positif karena fungsi indera yang pertama kali mengatur di otak adalah fungsi pendengaran. Bayi dalam kandungan akan mendengar informasi yang kemudian akan direkam oleh sistem syaraf otak secara maksimal. Yang kedua berkembang adalah syaraf motorik. Itulah sebabnya bayi akan merespon apabila diperdengarkan suara-suara, seperti musik atau saat diajak berbicara oleh ibu.
3. Bagi anak yang sering diperdengarkan cerita sejak dalam masih kandungan akan memberikan dampak positif pada saat ia dewasa. Anak akan memiliki kemampuan-kemampuan yang tidak diajari sebelumnya atau problem solving yang mungkin tidak pernah terpikir oleh Anda sebelumnya. Hal ini dikarenakan informasi yang didapat dari cerita dongeng Anda akan tersimpan pada memori jangka panjangnya. Di dalam otak anak terdapat tonjolan bernama girus yang berfungsi untuk merekam kode-kode informasi. Semakin banyak informasi, pembelajaran dan simulasi yang diberikan kepada anak maka semakin banyak terbentuk girus pada otaknya.
4. Jika adanya cerita yang berupa narasi dalam dongeng yang diceritakan lisan akan meningkatkan fungsi analisa anak menjadi dua kali lebih besar. Semakin banyak anak diajak untuk berkomunikasi, semakin cepat perkembangan fungsi analisanya.
5. Melatih kemampuan otak kanan anak yang akan meningkatkan kemampuan bahasanya. Namun, kemampuan mempelajari bahasa pada anak laki-laki dan perempuan berbeda. Anak balita perempuan jauh lebih peka untuk belajar bahasa, sedangkan pada anak laki-laki kemampuan belajar bahasanya berkembang pesat pada umur 2,5 - 3,5 tahun.
6. Dongeng akan memberikan satu rekam jejak memori. Dengan dongeng anak akan berimajinasi. Anak akan melakukan proses pembelajaran terhadap nilai-nilai. Anak-anak cenderung berpikir konkrit, sedangkan nilai moral itu abstrak. Tapi dengan cerita, maka nilai moral bisa ditanamkan. Visualisasi bisa dilakukan dengan melalui DVD namun tetap ibu atau yang memberi cerita dengan suaranya sendiri.

Mari, semanagat mendongeng ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)