Selasa, 22 Januari 2013

Roadshow Pesantren Indonesia Bersama Ka' Lulu @Ponpes Al Awwabin Sawangan Depok

Alhamdulillah... amanah usia yang diberikan Allah semoga senantiasa membawa keberkahan, menjadikan kita insan yang selalu bertanggung jawab untuk memanfaatkan waktu dalam kebaikan dan bermanfaat untuk diri, keluarga dan ummat. Mempergunakan waktu sebaik-baiknya salah satunya dengan bersilaturahim. 

Mengawali tahun 2013 di bulan Januari dan Februari, Ka' Lulu silaturahim ke pondok pesantren se Indonesia, bersama berbagi pengalaman kepada santri-santri, bersama-sama pula menjadi santri 'Aliman, Shalihan, Mujahidan. 

Lokasi Roadshow pada hari Kamis, 11 Januari 2013 di pondok pesantren Al Awwabin Sawangan Depok. Pengasuh ponpes adalah  KH Abdurrahman Nawi, seorang ulama antik Betawi yang masih konsisten di jalan dakwah, pokok pikirannya sejalan dengan pemerintah dan juga para ulama. Bagi kalangan ulama dan habaib di tanah Betawi ini tentu banyak mengenal KH Abdurrahman Nawi, salah seorang ulama sepuh yang masih konsisten berdakwah.

Bermula pengajian diberi nama As-Salafiah. Pengajian/majelis ta’lim tersebut berkembang pesat sehingga pada tahun 1976 Abuya KH Abd. Rahman Nawi telah membuka cabang majelis ta’lim di berbagai tempat, khususnya di daerah Tebet dan sekitar Jakarta. Baik di musola-musola maupun di masjid-masjid. Pada tahun itu juga, Abuya KH Abdurrahman Nawi mengajak jemaah majelis ta’lim dan karib keluarga membangun gedung madrasah dua lantai di atas tanah milik pribadi dan amal jariah ayah dan ibunya seluas sekitar 600 m2.
Bangunan gedung madrasah selesai pada tahun 1979 dan diresmikan oleh KH Idham Chalid dengan mengganti nama As-Salafiah menjadi Al-Awwabin. Setelah berganti nama menjadi Al-Awwabin pengajian yang dipimpin oleh Abuya KH Abd. Rahman Nawi terus berkembang.


Bangunan pesantren Al-Awwabin telah berkembang di atas tanah seluas sekitar 4 hektare. Di sana berdiri gedung asrama dengan 12 kamar, 3 lokal gedung sekolah MTs dan 3 lokal gedung sekolah MA, laboratatorium komputer, rumah guru/ustadzah, dan lapangan olah raga (basket).
Subhanallah... Roadshow Pesantren ke ponpes Al Awwabin ini meyakinkan kita semua bahwa di pesantren merupakan wadah memperoleh ilmu pengetahuan agama dan pengetahuan umum sebagai bekal untuk memainkan peranannya di dalam masyarakat. Penataan pendidikan selain untuk menjamin penguasaan materi pelajaran yang disajikan, juga memelihara ketertiban/disiplin pondok pesantren dan masyarakat pada umumnya.
Hal itu merupakan wujud nyata untuk menyadari para pemuda/pemudi, khususnya kader-kader pemimpin bangsa, negara, dan agama untuk berkesinambungan pada proses menuntut ilmu di pesantren-pesantren sebagaimana Allah swt. berfirman dalam surat At-Taubat 122. Artinya: Tidak sepatutnya bagi orang-orang mu’min itu pergi semuanya (ke medan perang) mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka, beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.
Semangat Fastabiqul Khoirot ^_^



Roadshow Pesantren Ka' Lulu di Ponpes Al Awwabin Sawangan Depok

Setiap manusia memiliki  pengalaman,  belajar pada pengalaman dan berbagi untuk maju bersama
menjadi santri 'Aliman, Shalihan, Mujahidan ^_^


Berpose bersama Santri-santri putri Ponpes Al Awwabin Sawangan Depok
 Salam Fastabiqul Khoirot ^_^

2 komentar:

  1. iya Alhamdulillah... ^_^ salam Fastabiqul Khoirot sllu :) keep the spirit.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)