Kamis, 10 September 2009

KEISTIMEWAAN LAILATUL QODAR

Friend..
Salah satu keistimewaan bulan suci Romadhon adanya lailatul qodar. Malam tersebut Alloh menurunkan Al Qur'an untuk yang pertama kalinya kepada Rosululloh SAW secara berangsur-angsur. Al Qur'an diturunkan secara menyeluruh selama kurang lebih 23 tahun, yaitu 13 tahun di Mekah dan 11 tahun di Madinah. Peristiwa turunnya Al Qur'an diabadikan dalam Al Qur'anul karim surat Al Qodar : 1 ‘Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan.’
Friend..

Lailatul Qodar merupakan anugerah yang besar yang diberikan Alloh kepada umat Rosululloh SAW, yang belum pernah diberikan kepada umat-umat sebelumnya. Al Qodar berarti Asy Syarif wat Ta’zim (mulia dan agung). Kenapa dinamakan demikian? Karena malam itu dengan sarat dengan kemuliaan, keagungan, kesucian, keutamaan, keberkahan, dan pahala. Keutaman yang jauh lebih bernilai dari seribu bulan.
Friend.,
Ini yang jadi pertanyaan penting. Lantas apa keistimewaan ‘Lailatul Qodar’ ?
  1. Alloh SWT menurunkan Al Qur'an pada malam Lailatul Qodar. “Sesungguhnya Kami turunkan Al Qur'an ada malam kemuliaan.” (Al Qodar :1)
  2. Lailatul qodar lebih baik dari seribu bulan. Maksudnya adalah Jika kita beribadah di malam itu dengan penuh ketaatan, sholat, membaca Al Qur'an, berzikir dan berdoa, sama dengan beribadah seribu bulan. Dari Annar ra. Bahwa Rosululloh bersada, “Sesungguhnya bulan ini (Romadhon) telah dating kepadamu. Di dalamnya terdapat satu malam yang nilai keutamaannya lebih baik daripada seribu bulan. Barang siapa yang mengabaikannya, maka ia terabaikan dari segala kebaikan. Tidak ada yang mengabaikannya kecuali orang yang diabaikan.” (HR. Ibnu Majjah. Al Albani menilainya sebagai hadits Hasan di dalam kitab shahih wat targhib.
  3. Para malaikat pada malam itu turun ke bumi dengan membawa kebaikan, keberkahan dan rahmat. (QS. Al Qodar : 4)
  4. Lailatul Qodar adalah malam kesejahteraan dan keselamatan. Pada malam itu, hamba Alloh yang sholeh yang menjumpai malam itu akan dibebaskan dari hukuman dan azab dengan sebab ketaatannya kepada Alloh SWT. (QS. Al Qodar : 5). Dari Abu Huroiroh bahwa Rosululloh bersabda, “Barang siapa beribadah pada malam lailatul qodar karena keimanan dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhori Muslim)
  5. Alloh SWT menurunkan surat Al Qodar secara sempurna (keseluruhan) yang akan dikumandangkan hingga hari kiamat.
Friend..
Subhanalloh.. Alloh yang memberikan malam lailatul qodar. Malam yang begitu istimewa. Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan, memburu malam seribu bulan.
Lulu Susanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)