Selasa, 21 Juli 2009

Pintu Rahmat Malam Nishfu Syaban

Friend..
Setiap orang yang menghormati bulan Sya’ban dan mengisinya dengan berbagai amal ibadah, maka ia akan mendapatkan kemuliaan, kedudukan tinggi, dan kebajikan yang banyak pada sisi Alloh, serta mendapatkan syafaat. Amin..
Pingin tahu pada malam Nishfu Sa’ban siapa saja yang mendapatkan Rahmat Alloh SAW dan diberi ampunan Alloh SWT? Berikut penjelasannya, semoga bermanfaat.

Friend..

Dalam Hadits, Rosululloh SAW bersabda :
“Tahukah kamu, mengapa dinamakan bulan itu dengan Sya’ban?”
Para sahabat menjawab : “Alloh dan Rosul lebih mengetahui.”
Lantas Rosululloh SAW Bersabda : “Dinamakan dengan Sya’ban (berserak-serak) karena didalamnya terdapat banyak kebaikan yang berserak-serak.”

Friend..
Dalam kitab Zubdatul War’izin, Rosululloh bersabda :
“Barang siapa yang memuliakan bulan Sya’ban dan takut kepada Alloh, beramat taat kepada-Nya dan menahan dirinya dari perbuatan maksiat, niscaya diampuni Alloh dari segala dosanya dan dipelihara Alloh ia pada tahun itu dari berbagai macam cobaan dan penyakit-penyakit.”

Kemudian Rosululloh bersabda :
“Barang siapa berpuasa tiga hari di bulan Sya’ban, tiga hari di tengahnya dan tiga hari di akhirnya, niscaya dituliskan Alloh baginya pahala 70 orang Nabi-nabi dan jadilah ia seperti orang beribadah 70 tahun, dan apabila ia meninggal pada tahun itu, jadilah ia mati syahid.”

Friend..
Pada malam Nishfu Sya’ban pintu langit dan pintu Rahmat Alloh terbuka. Saat itulah Alloh memberi ampunan pada semua umat manusia dimuka bumi ini yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu, kecuali 9 orang. Yaitu :

1.    Tukang Sihir

Friend..
Sihir adalah sesuatu yang keji dari pekerjaan setan dan orang yang mengamalkannya berdosa juga kelak mendapat siksa api neraka. Diriwayatkan oleh Nasa’i, Rosululloh bersabda :
“Barang siapa yang menyimpulkan sesuatu simpulan, kemudian dihembusnya simpulan itu, maka sesungguhnya ia telah menjadi tukang sihir. Dan barang siapa yang menyihir, maka sesungguhnya ia telah musyrik kepada Alloh.

2.    Ahli Nujum

Friend..
Hadits yang diriwayatkan At Thabrani dari Nabi Muhammad SAW :
“Barang siapa yang mendatangi tukang nujum, lalu ia membenarkan apa yang dikatakannya, maka sesungguhnya ia terlepad dari apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dan barang siapa yang mendatanginya, tidak membenarkanya, Maka tid diterima sholatnya selama 40 hari.

3.    Bermusuhan dengan sesama Islam

Friend..
Yang dimaksud dengan bermusuhan sesama Islam adalah orang yang tidak bertegur sapa lewat dari 3 hari sebagai akibat dari suatu pertengkaran.
Alloh menggariskan dalam Al Quran :
“Maka tidak ada permusuhan kecuali terhadap orang Dzolim.” (QS. Al Baqoroh :193

4.    Peminum arak

Friend..
Firman Alloh pada Al Quran surat Al Maidah : 90 adalah :
“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya meninum khomar, main judi, berhala dan mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syeitan,
 Maka jauhilah dari perbuatan-perbuatan itu, agar mendapatkan keberuntungan.”

5.    Orang yang berzina

Friend..
Orang yang berzina tidak akan mendapat ampunan pada malam Nishfu Sya’ban. Karena zina itu suatu pekerjaan yang tercela dan amat keji dan termasuk dosa besar. Sebagaimana dalam Al Quran telah dijelaskan. QS. Al Isro : 32
“Janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah satu perbuatan yang amat keji dam suatu jalan yang buruk.”
  
6.    Pemakan riba

Friend..
Riba berarti tambahan atau kelebihan. Jadi yang dimaksud dengan Riba adalah, persyaratan dengan tambahan pada hutang sebagai imbalan pada masa tertentu.
Nash Al Quran yang tegas melarang Riba. Firman Alloh QS. Al Imron : 130-131.
Maksudnya :
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan melipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Alloh, semoga kamu mendapat keberuntungan. Dan periharalah dirimu dari api neraka yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.”

7.    Durhaka kepada Ibu dan Bapak

Friend..
Seorang anak, betapapun tinggi pangkat dan kedudukannya, menurut ajaran agama Islam harus hormat dan berbakti pada Orangtua. Sebab, berbuat baik kepada Ayah dan Ibu merupakan perintah kedua sesudah perintah menyembah Alloh, sebagaimana firman Alloh dalam Al Quran surat Al Isro : 23
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada Ibu dan Bapak dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya “Ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka dengan perkataan yang mulia.”
“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan katakanlah (doakan) “Robb, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka keduanya mendidiku di waktu kecil.”

8. Penghasut yang menimbulkan permusuhan

Friend..
Adalah An Namimah, yakni orang yang menghasud perkataan si Fulan kepada si Anu dengan tujuan agar mereka bermusuhan.
Menurut Imam Al Ghozali ‘An Namimah’ adalah menyingkap rahasia, menyiarkan sesuatu yang tidak disukai seseorang untuk diumumkan, baik dengan isyarat, kode, ataupun tulisan.
Firman Alloh dalam Al Quran. QS. Al Qalam : 10-12
“Janganlah kamu taati setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina. Yang banyak mencela, yang kian kemari menghamburkan fitnah. Yang banyak menghalangi perbuatan baik yang melampaui batas lagi banyak dosa.

9. Memutuskan silaturahim

Friend..
Orang yang tidak mendapatkan ampunan dari Alloh yang ke-9 adalah mereka yang memutuskan tali silaturrahim.

Shilah artinya ‘hubungan’ dan Rahim artinya ‘kekeluargaan’ (belas kasih / sayang). jadi Shilatur Rahim artinya ‘Hubungan kekeluargaan’.
Berhubungan dengan Shilatur Rahim. Rosululloh SAW  bersabda :
“Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia memperhubungkan silaturahimnya.

Friend..
Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang merugi pada malam Nishfu Sya’ban. Yang tidak mendapatkan Rahmat Alloh SWT. Amin..

Friend..
Di malam Nishfu Syaban, kita menadahkan tangan ke langit berdoa memohon perlindungan pada Alloh dari azab dan siksa.
Amalan yang sangat baik di malam Nishfu Sya’ban adalah dengan memperbanyak amal-ibadah seperti mengerjakan sholat-sholat sunnah, membaca Al Quran, berzikir dan  berdoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)