Kamis, 31 Juli 2008

Bakar Sate Pertama

Siang itu (12/11), kembali kami duduk melingkar. Bedah karya sambil telaah (Bakar Sate). Sudah lama kami tak berkumpul. Terakhir, sebelum Ramadhan kalau tak salah. Saat Ramadhan pengurus disibukkan oleh penerimaan anggota baru. Karena keterbatasan SDM, anggota lama terlupakan.

Tak banyak pesertanya memang. Hanya saya, Hamzah Puadi, Ikmal dan Lulu. Denny datang belakangan, karena mengisi materi pertemuan FLP Bekasi. Di sebelah kami, Dini memimpin pertemuan anggota baru FLP (Batre angkatan IV). Tema pertemuan Batre IV masih mengenai setting. Jadi siang itu ada dua kelompok diskusi di Rumah Cahaya Depok: Batre IV dan alumni Batre I-III

Pada kesempatan itu kami menyepakati pertemuan alumni Batre I-III. Kami sepakat, pertemuan alumni Batre diselenggarakan satu bulan sekali setiap minggu kedua. Materi pertemuan, bahas karya. Hal-hal yang bersifat teoritis akan mengekori karya. Jika ada peserta yang membawa cerpen, esai, puisi dll dengan sudut pandang unik, kami akan membahas sudut pandang. Yang paling penting, kan praktek menulisnya, bukan sekedar teori.

Mas Hamzah membawa cerpennya yang dimuat di The Jakarta Post(JP). Agustus lalu cerpen Rendang Dagingnya juga dimuat di Suara Karya. Cerpen yang muncul di Jakarta Post(JP) itu berjudul Midwife, artinya dukun beranak. Dia memang jago menulis dalam bahasa Inggris. Maklum, staff pengajar LIA Jakarta. Kami mencoba mencermati cerpen tersebut. Sayangnya karena kemampuan bahasa Inggris yang lemah, kami jadi lebih banyak bertanya arti kata perkata daripada menelaah isi cerpennya.

Menurut Mas Hamzah, The Jakarta Post(JP) juga menerima cerpen dalam bahasa Indonesia. Redaksi akan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Tema yang disukai, budaya Indonesia/lokal. JP bacaan orang asing yang tinggal di Indonesia. seperti halnya kita, mereka juga tertarik dengan budaya-budaya Indonesia. JP juga cukup profesional menerima naskah. Setiap naskah yang dikirim ke sundaypost@thejakartapost.com akan mendapat balasan. Bahkan seminggu sebelum cerpennya dimuat, Mas Hamzah dikabari, cerpennya akan dimuat tanggal sekian bulan sekian. Tak banyak koran yang menerapkan prosedur bersahabat seperti ini.

Dalam pertemuan itu juga kami banyak mengorek pengalaman Lulu. Alumni PGTK Nurul Fikri dan Sinematografi IKJ ini menjadi Daiyah TPI perwakilan Jakarta Ramadhan lalu. Kami ingin tahu, kewajiban apa saya yang diterima lulu setelah terpilih menjadi finalis Daiyah TPI 2006, apa saja aktuvitasnya setelah terpilih dan lain sebagainya. Saking banyak hal yang ingin kami ketahui, tercetus ide “bikin saja buku memoar semala mengikuti program Daiyah. Lulu hanya tersenyum menanggapi usul tersebut. Menurut Lulu, TPI menerapkan kontrak selama 2 tahun untuk seluruh Dai/Daiyah. Selama itu, Dai/Daiyah dimanajemeni oleh MNC, perusahaan di mana TP bernaung. Rencananya bulan depan Lulu dan Daiyah lainnya akan mulai tour keliling Jabodetabek. “Nggak bakal sempat main-main ke Rumcay lagi, dong,” goda kami. Lulu hanya tersenyum. Dia tak henti-hentinya mengucap terima kasih atas dukungan sms yang diberikan padanya. Bertambah lagi potensi FLP, kalau acara FLP mau pake tausyiah dan sejenisnya, tinggal panggil Lulu.

Menjelang asar kami mengakhiri pertemuan. Kami sepakat, bulan depan ketika berkumpul lagi, harus membawa karya. Khusus bagi yang ingin karyanya dibedah, karya harus dikirm dulu ke flpdepok@gmail.com, agar bisa dibaca dulu sebelum pertemuan.

Bakar sate bukan forum ahli atau diskusi para penulis handal. Kami semua masih pemula. Belum banyak karya yang dinikmati pembaca. Namun dari pertemuan ini, kami selalu berharap, bara di dada selalu menyala. Malas menulis bisa diatasi. Semangat berkomperisi berkobar-kobar. Sesuatu yang besar selalu berawal dari yang kecil. Semoga pertemuan kecil kami ini bisa bermanfaat, bagi diri sendiri, umat manusia dan dunia. Insya Allah (Koko Nata)

reCopy Bakar Sate Pertama

Selasa, 29 Juli 2008

Minggu, Ustad Habib Abdullah Pimpin Tausiyah di Mesjid Agung

Jumat, 02-11-2007
*bambang r
MedanBisnis – Medan
Ustad dari Jakarta, H Habib Abdullah Assegaf akan memimpin dzikir bersama Majelis Dzikir Az-Zikra Sumut yang dilangsungkan di Mesjid Agung Medan, Minggu (4/11) mulai pukul 07.30 WIB.

Ketua Az-Zikra, H Rizal Mahaputra didampingi pengurus lainnya, Drs H Azwardin Nasution, Drs H Sazali Effendi, Drs Tuah Sirait, Mustafa Kamal Rokan SH MH, dan Adnan Haris SAg kepada wartawan di Medan, Kamis (1/11), mengatakan, dalam kesempatan itu Ustad Habib Abdullah Assegaf juga mengupas apa itu shalat Tasbih, dzikir, serta surah Asy-Syam (matahari). Selain itu juga akan melaksanakan tepung tawar untuk melepas calon jemaah haji dari Az-Zikra Sumut.
Rizal mengatakan, program kerja tahun 2008 Majelis Dzikir Az-Zikra akan bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi TPI untuk menghadirkan sejumlah ustad terpilih untuk mengisi dzikir bulanan.
Adapun tempat acara dzikir yang ditentukan setiap bulan minggu pertama yakni di Mesjid Agung Medan, sedangkan minggu ketiga di Mesjid Raya Al-Mashun Medan. Sejumlah ustad yang akan mengisi kegiatan itu di antaranya Dai Albar, Hariri, Dhani, Raden, Payage, Zaki, Rio, Dida, Paidi, serta Daiah Witri, Lulu, Siti, dan Nela.





Negeri Curhat TPI








Senin, 28 Juli 2008

Giliran Dai’ah Siap Berlaga

JAKARTA, KAMIS-Jika menyebut nama da’iah, paling-paling kita hanya akan mengingat sebatas nama dai’ah yang kerap muncul di layar kaca saja. Sebut saja Lutfiah Sungkar, Tuti Alawiyah dan Neno Warisman.

Ke depan, barangkali tak hanya nama-nama itu saja yang bakal hadir di layar kaca. Energi baru akan lahir menggantikan tongkat estafet dalam berdakwah terutama di kalangan mubaligah-mubaligah kita.

Stasiun tv swasta Lativi, misalnya telah mengawalinya lewat Pemilihan Dai Cilik (Pildacil). Ajang pencarian bakat da’i-da’i muda itu memang tak hanya dilakukan sebatas kalangan anak-anak lelaki saja, tapi juga melibatkan anak-anak perempuan.

Manager Humas Lativi, Raldy Doy sempat berujar jika Pildacil lebih bertujuan mengembangkan nilai pendidikan dan nilai moral yang positif di kalangan anak-anak.

Meski demikian kelak, mereka inilah yang akan memegang tongkat estafet dalam melakukan dakwah kepada masyarakat.

Langkah yang sama kini juga dilakukan stasiun televisi. Setelah sukses menjaring da’i-da’i muda lewat Dakwah TPI (DAI) tahun lalu, kini giliran dai’ah (mubaligah perempuan) juga turut dijaring.

Berdasarkan hasil audisi di 7 kota besar di Tanah Air, yakni Medan, Semarang--meliputi Yogyakarta dan Jawa Tengah--Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Bandung dan Jakarta, terpilih 10 da’i dan dai’ah .

Programming Div Head TPI, Endah Hari Utari (U’ut) mengatakan, dilibatkan pada calon dai’ah pada ajang DAI kali ini, lebih karena ingin memberikan peluang yang sama kepada kalangan pendakwah perempuan.

"Semua berhak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi diri, baik itu laki-laki atau perempuan. Ajang ini juga memberi peluang bagi perempuan untuk berdakwah kepada perempuan lainnya," katanya menjelaskan.

Proses penjaringan para da’i dan dai’ah kali ini memang cukup ketat. Dari hasil proses audisi di tujuh kota, hanya 40 orang yang berhasil diboyong ke Jakarta. Kemudian mereka dikarantina untuk dipilih sepuluh orang da’i dan dai’ah yang layak tampil di Mimbar da’i dan dai’ah. Untuk Mimbar Da’i, penayangannya akan dimulai Sabtu (16/9), sementara Mimbar Dai’ah Minggu (17/9), pukul 15.00-17.00.

Kesepuluh dai’ah itu, yakni Hj. Didah Durrotun Nafisah (Didah), Witrin Noor Jutstiatini (Witri), Nella Ucky (Nella), Nur Laila (Laila), Hanif Fardian Addafi’ah (Devi), Lulu Susanti (Lulu), Nafisah Barrotut Taqiyah (Nafa), Waradatul Jannah (Warda), dan Siti Rahmawati (Siti).

Menurut U’ut, Para da’i dan dai’ah ini nantinya akan kembali dijaring untuk berebut tiket tiga besar. "Selain memberikan penilaian dalam menyampaikan materi, kemampuan menyampaikan jawaban dari para mualim dan muallimat juga akan dinilai," katanya.

Dalam penampilannya nanti, mualim dan muallimat akan memberikan pertanyaan dari para calon da’i dan dai’ah tentang penguasannya terhadap materi yang disampaikan.

Dari kalangan Muallimat akan tampil antara lain, Lutfiah Sungkar, Hj, Sitaresmi, Marrissa Haque, Ratih Sang, Astri Ivo dan Neno Warisman. Sementara di jajaran mualim ada Menteri Agama Maftuh Basyuni, Ust. Jeffrey Al Bukhori, Kang Ibing, Anwar Sanusi, Yusuf Mansyur hingga H. Qomar.

"Program acara ini menjadi program di akhir pekan bagi keluarga. Acara mimbar sendiri akan menjadi tontonan menjelang buka puasa," terang U’ut.

Copy


Jumat, 15 September 2006 - 11:50 wib

Senin, 21 Juli 2008

Mimbar Da’iah TPI, Lulu lolos delapan besar

26-Sep-2006 14:53:42
MARGONDA, MONDE: Lulu Susanti (20), da’iah asal Kota Depok, perlahan tapi pasti terus menapak naik hingga lolos delapan besar Mimbar Da’iah TPI yang berlangsung seminggu sekali (setiap Sabtu sore pukul 15.00).




Manajer Tim Dukung Da’iah Depok (TD3) Ade Irfa Adhaini mengemukakan Lulu lolos ke delapan besar setelah Sabtu pekan lalu sukses membawakan tema ikhlas, meski menduduki posisi delapan dari sembilan kontestan.
“Alhamdulillah Lulu berhasil masuk delapan besar. Sekali lagi terima kasih atas dukungan warga Depok terhadap penampilan Lulu selama ini di ajang Da’iah TPI,” tutur Ade dihubungi Monde, kemarin.
Sebelum menapak Mimbar Da’iah TPI (10 besar), Lulu bertarung dengan dengan 20 kontestan lainnya dalam babak Titian Da’iah TPI, dan meraih peringkat empat.
Sejauh ini, menurut Ade, Lulu – gadis yang hobi menulis dan karate, ini termotivasi dan bersemangat untuk terus berbuat yang terbaik dalam ajang ‘menebar kebaikan’ tersebut.
Bahkan, Lulu bertekad tampil maksimal dan bercita-cita masuk tiga besar atau babak Kubah Da’iah TPI. Untuk itu, Ade mengajak warga Depok untuk terus mendukung Lulu dengan mengirim SMS. Caranya ketik Daiah (spasi) LULU kirim ke 6288.
Lulu memang dikenal sebagai pribadi yang aktif. Dia pun punya banyak hobi antara lain dakwah, menulis, korespondensi, karate, serta melukis. Dia juga hingga kini mengajar di RA Kembang 2 Sidamukti dan RA Kembang 3 Sawangan.
Lulu – gadis berdarah Manado-Depok, ini bakal tampil pada Sabtu depan dengan membawakan tema seputar Ramadhan.
“Kami mengharapkan warga Depok terus memberikan dukungannya bagi kebaikan Lulu,” demikian Ade.(sb)
online berita: Mimbar Da’iah TPI, Lulu lolos delapan besar

Beragam Tayangan Ramadhan dari "TPI"


Para peserta acara "Mimbar Da'i dan Mimbar Da'iah" di TPI. [Foto: Istimewa]

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, stasiun televisi TPI akan menayangkan program spesial Ramadhan bertajuk Mimbar Da'iah setiap Sabtu, sejak 16 September 2006 dan Mimbar Da'i setiap Minggu, pukul 15.00 - 17.00 WIB.

Kedua program tersebut merupakan acara pencarian bakat para dai dan daiah, dan merupakan kelanjutan dari program pencarian bakat dai yang telah sukses ditayangkan TPI pada Ramadhan tahun lalu. Bahkan acara grand final dai tahun lalu yang bertajuk Kubah Da'i mendapatkan penghargaan Syiar Ramadhan Award 2005 dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Tayangan ini juga terbukti telah memberi inspirasi bagi hadirnya program sejenis di stasiun televisi lain. Karena itu tahun ini kami mencoba mengembangkan tayangan tersebut dengan memberi kesempatan kepada para daiah," kata Direktur Utama TPI, Sang Nyoman Suwisma, di hadapan sejumlah wartawan di Jakarta, Selasa (12/9) siang.

Menurutnya, berdasarkan hasil audisi yang dilaksanakan di tujuh kota, yaitu Medan, Semarang, Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Bandung, dan Jakarta, kemudian dilanjutkan dengan penyeleksian melalui tayangan bertajuk Titian Da'i dan Titian Da'iah beberapa waktu lalu, terpilihlah 10 calon dai dan 10 calon daiah.

"Mereka yang terpilih ini menawarkan gaya berdakwah yang unik dan sangat menjanjikan. Misalnya ada yang berdakwah sambil memainkan puppet (boneka wayang golek), ada pula yang pandai menjelaskan ajaran agama Islam dari segi ilmiah, dan masih banyak lagi keunikan lain dari para calon dai dan daiah yang belum pernah kita temui sebelumnya," tuturnya.

Nyoman Suwisma menambahkan, para juri yang disebut sebagai mualim dan muallimat berasal dari berbagai kalangan seperti ulama, akademisi, pejabat dan selebritis, di antaranya Jeffrey Al Bukhori, Rhoma Irama, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault, Menteri Agama Maftuh Basyuni, Lutfiah Sungkar, Marrisa Haque, Ratih Sang, Astri Ivo, Meidiana Hoetomo, Neno Warisman, Berliana Febrianti, dan lain-lain.

Dia menjelaskan, dalam kesehariannya para dai dan daiah dikarantina di Desa Gumati, Sentul, Bogor, dengan berbagai aktivitas. Mulai dari pelatihan, pengajaran, simulasi dari para ustadz , kegiatan di alam terbuka, renungan, tahlil, dzikir, mengaji, dan sebagainya, yang akan ditayangkan dalam program Pondok Da'i dan Pondok Da'iah mulai 16 September, setiap Sabtu dan Minggu, pukul 04.30 - 05.00 WIB.

Menurut Sang Nyoman Suwisma, tiga orang dai dan tiga orang daiah yang terpilih dalam tayangan grand final bertajuk Kubah Da'i dan Da'iah, nantinya akan mendapatkan hadiah menunaikan ibadah haji dan uang puluhan juta rupiah. Sedangkan hadiah umroh serta uang jutaan rupiah akan diberikan bagi para finalis dai dan daiah.

Selain menampilkan tayangan dai dan daiah, TPI juga telah mempersiapkan beberapa program Ramadhan lainnya. Untuk menemani pemirsa bersantap sahur akan ditayangkan program religi bertajuk 1/3 Malam yang menghadirkan dai kondang Aa Gym setiap hari pukul 02.00-02.30 WIB. Acara yang diawali dengan shalat tahajud ini akan menampilkan siraman rohani dan curahan hati (curhat) dari makmum kepada Aa Gym.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan tayangan variety show komedi bertajuk Komedi Putar, setiap pukul 02.30 - 04.30 WIB. Siaran langsung 20 menit ini didukung oleh beberapa artis, di antaranya komedian Cagur yang terdiri atas Narji, Denny, dan Wendy, Rieke Dyah Pitaloka, Ucok Baba, dan Teamlo.

Sedangkan pada waktu berbuka puasa, TPI akan menemani pemirsanya melalui tayangan variety show berjudul 1/2 Apartemen yang ditayangkan setiap hari pukul 17.30-19.00 WIB. Acara ini juga akan menampilkan beberapa artis, di antaranya Eko Patrio, Akri, Parto, Dessy Ratnasari, Anya Dwinov, Tarzan, Nirina Zubir, Melky Bajaj, dan lain-lain.

Beberapa sinetron religi juga telah siap ditayangkan sepanjang bulan suci Ramadhan, di antaranya Hidayah Mu setiap Senin-Jumat pukul 16.30 WIB, dan Kehendak Mu : Annisa setiap Senin - Jumat pukul 14.30 - 05.00 WIB, mulai 25 September mendatang. [Y-6]

Copy dari : http://www.suarapembaruan.com/News/2006/09/15/Hiburan/hib02.htm

Sabtu, 19 Juli 2008

SIAP MENIKAH?

Friend..
Sebelum menyatakan cinta, sebaiknya kita tau dulu, apasih yang dimaksud dengan nikah.
Menurut bahasa nikah adalah penyatuan. Bisa juga diartikan sebagai akad (penyebab terjadinya kesepakatan) atau hubungan badan. Selain itu, ada juga yang mengartikannya percampuran. Al- Fara� mengatakan �An-Nukh� adalah sebutan untuk kemaluan.

Adapun menurut syariat, nikah juga berarti akad. Argumentasinya adalah karena disebabkan banyaknya pengertian nikah yang terdapat di dalam Al-Quran maupu Hadits sebagai akad.
Friend..
Nikah merupakan amalan yang disyariatkan. Berdasarkan firman Alloh SWT :
� Maka nikahilah wanita-wanita (lainnya) yang kalian senangi, dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kalian takut tidak dapat berlaku adil, maka cukup seorang wanita saja, atau budak-budak yang kalian miliki.� (An-Nisa : 3)
Friend..
Rosululloh SAW juga berpesan buat kita yang masih sendirian :
�Wahai generasi muda, barang siapa diantara kalian telah mampu serta berkeinginan untuk menikah, maka hendaklah ia menikah. Karena sesungguhnya, pernikahan itu dapat menundukan pandangan mata dan memelihara kemaluan.� (Mutafaqun �Alaihi)
Demikian juga dengan pesan cinta Rosul yang lain :
�Menikahlah dengan wanita yang penuh cinta dan banyak melahirkan keturunan. Karena sesungguhnya aku merasa bangga dengan banyaknya jumlah kalian diantara para nabi pada hari kiamat kelak.� (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

- Berani bilang cinta, berani nikah

Friend..
Udah siap belom? Kalo belom siap, jangan dibaca dulu.
Gimana, udah berani bilang cinta? Berarti udah berani nikah dong?
Kalo niat kamu udah 100 % untuk menyatakan cinta pada si �some one�.
Nggak usah malu-malu gitu deh, pede aja kalee..
Lanjut..

Friend..
Manusia adalah makhluk ciptaan Alloh yang paling sempurna. Pada diri manusia ada 2 potensi (dorongan hidup) yang selalu mendorong melakukan kegiatan dan menuntut kepuasan. (apa aja sih?)
1. Kebutuhan jasmani (hajatu al-�udhowiyah).
Contohnya : makan, minum, tidur, buang hajat, dll. Ini kebutuhan yang pasti. Singkatnya, harus dilakukan.
2. Kebutuhan Naluri (ghorizoh). Sekedar menuntut adanya pemenuhan saja. Jika tidak dipenuhi, manusia nggak akan mati dan nggak akan gelisah. Contohnya, naluri seksual (ujungnya cuma buat kepuasan aja). Naluri seksual muncul karena adanya rangsangan-rangsangan dari luar. Misalnya, membayangi cewek seksi, cowok macho, baca buku, film dan hal lain yang berbau porno.

Pertanyaannya barang kali, kenapa sih.. kita diberi naluri seksual?

Friend..
Alloh menganugrahi naluri seksual untuk mempertahankan keturunan. Itu sebabnya manusia berkembang biak mempunyai keturunan yakni dengan organ kelamin dan gairah seksual yang mendorong untuk melakukan aktifitas seksual.
Bagaimana aktifitas seksual itu dilakukan? Alloh memberikan petunjuk lewat perantara Rosul-Nya. Aktifitas seksual dijalankan sesuai aturan Alloh yang bernilai ibadah. Untuk itu, Alloh dan Rosul memerintahkan untuk menikah. Yuk, kita buka Al Quran surat An-Nur : 32. Disana Alloh memerintahkan mereka yang sendiri untuk menikah (jangan berpikiran, nantinya begini-begono). �Duh, gimana sandang, pangan, papan-nya, ya?�.
Friend..
Bukankah Alloh Maha Luas Pemberiannya, jadi segala sesuatu telah diatur, begitupun dengan rejeki.
Friend..
Coba deh, kita paku kuat-kuat pertanyaan berikut ini :
1. Udah siap nikah, apa belom? (abis itu, baru pertanyaan berikutnya)
2. Siapa yang bakal jadi pasangan hidup kita?
Ibarat mau mudik, segala sesuatunya harus dipersiapkan. Makanannya, minuman, obat-obatan, pokoknya segala keperluan harus dicek dan ricek. Sama juga kaya kita memilah-milih pasangan hidup. Harus yang baik, bagus, cakep, (bla..bla..).
Friend..
Pingin dapet yang baik? Alloh menjelaskan dalam Al Quran :
�Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).� (An-Nur : 26)
Intinya, Alloh sudah mengatur semuanya. Insya Alloh, kalo kita baik, pasti dapa yang baik. Ibarat kata, loyang dapat loyang, emas dapat emas, bararutut dapat yang bararutut juga (he..he.. ngaco ah! Tapi kalo ada yang mau, silahkan.)
Friend..
Kita sudah tau betul bahwa menikah adalah menjalankan sunnah Rosul. Kalau sunnah Nabi ini di jalankan, hikmah yang kita dapat adalah munculnya ketentraman jiwa. Dengan pernikahan, akan tumbuh kecintaan, kasih sayang dan kesetiaan antara pasangan suami dan sitri. (QS. Ar-Rum : 30)
Friend..
Gimana ya, kita tahu baik buruknya �calon suami/istri� sebelum nikah? (jadi pertanyaan besar neh)
Friend..
Dalam islam ada istilah �ta�aruf� perkenalan tanpa berkholwat (tidak berdua-duan). Abis itu, baru deh dikenalin ke keluarga. Dalam hadits dijelaskan tentang kriteria yang gimana sih, yang patut dijadiin pendamping hidup. (ayo, ingat baik-baik)
1. Karena hartanya
2. Karena (kemuliaannya) keturunannya
3. Karena kecantikannya / ketampanannya
4. Karena agamanya
Friend..
Tapi yang paling penting adalah AGAMA-nya. (Friend, jangan bengong gitu dong.) Kalo kamu merasa udah cocok, ngapain ragu ambil keputusan (buruaaann, nikahi diaaa..!!!) Kan enak tuh, nggak perlu patah hati lagi, nggak bikin was-was orang tua lantaran kelamaan pacaran. Abis itu, kamu resmi dapat perizinan dari Alloh. Nggak tanggung-tanggung, dapat pahala lagi.

Tapi Friend, nikah zaman dulu sama sekarang kan beda jauh. (mau tau bedanya?)

Dulu :
Ali bin Abi Tholib udah punya tekad yang bulat buat bilang cinta pada gadis pujaan hatinya, Fatimah Az Zahra. Dengan pedenya, pria tampan nan gagah itu datang menghadap Rosululloh SAW. Apalagi coba, yang bakal diomongin Ali kalau bukan mengutarakan isi hatinya (ya iyalah..). Tapi nggak tau kenapa, pas face to face sama Rosululloh, kok jadi grogi. Bahkan, bibir Ali kelu nggak bisa ngomong (duh, gimana dong?). Untungnya Rosululloh langsung membuka pembicaraan.
�Pasti ente dateng kesini punya maksud dan tujuan. Iya kan?�
�Be..betul.� Jawab Ali dengan hati yang masih dag-dig-dug.
�Kalo emang betul. Ente kemari, tujuannye ape?� (waduh friend, ditanya begitu Ali bingung ngejelasinnya). Sementara Rosululloh masih coba-coba menerka.
�Ape ente dateng kemari buat ngelamar putri ane?� (Ketahuan maksud dan tujuannya, Ali jadi senyum)
�Nah, itu die yang sebenernye pingin ane ungkapin dari tadi.�
�Kalo gitu, ente punya sesuatu yang bisa dijadiin mahar.�
�Ya Rosul, ane kaga punya ape-ape.� (untungnya friend, Rosululloh ingat sesuatu)
�Ente kan punya baju besi. Gimane kalo itu yang dijadiin mahar.�
Friend..
Singkat cerita, lahirlah kata DEAL. Rosululloh pun menikahkan putrinya dengan Ali. Walaupun hanya bermaharkan baju besi senilai 400 dirham. Rosululloh mengingatkan mantunya agar pernikahan itu disertai dengan walimah. Maka para sahabat memberikan sumbangan (patungan). Misalnya, Sa�ad bin Abi Waqos menyumbangkan seekor kambing, sedangkan sahabat yang lain menyumbangkan makanan jadi dan sebagainya.
Friend..
Menikah itu gampang kan? tapi senyumnya jangan terlalu lebar. Itu kan dulu, yang jelas-jelas beda banget sama zaman sekarang.
Modalnya Bang Miun (nama samaran) boleh dibilang pedenya melebihi Ali bin Abi Tholib. Dari tiga bulan lalu bang Miun ngapalin teks sampe begadang biar nggak grogi ngomong depan calon mertua. Salut! Bang Miun ngomong dengan lancar, bak kereta expres yang nggak ada hambatan. Modal keberanian menyatakan cinta boleh dibilang, doi lulus dengan predikat A (baik sekali). Tapi nggak dengan yang satu ini. Ketika ditanya tentang �modal atau harta�, tanpa banyak kata, Bang Miun langsung ter-eliminasi (duh, kasihan..)
Friend..
Tau sendiri kan, zaman sekarang pernikahan itu banyak embel-embelnya. �bebawaan segala rupa� dan pesta yang �wah�. Belom lagi, pertimbangan untung ruginya. (gimana friend, masih berani nggak?)
Friend..
Nikah itu ibadah yang nggak bisa ditunda-tunda. Nikah itu suatu kebaikan, jadi kebaikan itu prosesnya harus dipercepat. Pernikahan juga harus tetap berjalan, jangan berhenti ditengah jalan lantaran nggak bisa ngikutin resepsi ala zaman sekarang. Berjalanlah, sesuai kemampuan yang kita miliki.
Friend..
Islam itu mudah. Begitu juga dengan ibadah yang satu ini, nikah. Dalam pernikahan yang terpenting adanya calon pengantin, ijab kabul, wali, saksi (minimal 2 orang laki-laki) dan terakhir, mahar. (mudah kan?) Sedangkan walimah (resepsi pernikahan) hukumnya nggak wajib, melainkan sunnah yang dianjurkan.
Intinya, walimah itu mengundang orang-orang untuk menghadiri acara pernikahan. Disitu kita menyediakan makanan, ini dia yang disebut walimatul �ursy. Tujuannya, agar masyarakat tau kalau A sudah menjadi istri / suami si B.
Dalam Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq menuliskan, walimah berarti berkumpul. Karena pada waktu itu (walimah), disatukannya suami dan istri. Sedangkan secara istilah yakni makanan dalam acara pernikahan.
Friend..
Tau nggak, walimah Rosululloh sendiri sederhana banget. Yang paling �wah� ketika menikahi Zainab binti Jahsyi. Hidangannya seekor kambing dan roti. Saat menikahi Shafiyah boleh dibilang, sederhana banget. Hidangannya kurma, keju, dan minyak samin.
Friend..
Walimah? Dibuat fleksibel aja. Jangan memberatkan si miskin, dan membuat kaku si kaya. Lebih dari itu, jangan ada pemborosan (tabzir) dan membeda-bedakan. Misalnya, si kaya hanya mengundang yang kaya, lantas si miskin terlupakan. Trus, jangan sampe walimah dijadikan sarana untuk ajang pamer. Ending-nya, malah jadi perbuatan syirik. Timbul deh, budaya pinjam duit sana-sini sekedar pingin buat pesta yang �wah�. Nantinya yang ada bukannya tenang, tapi malah bingung mikirin bingung bayar hutangnya. Ini dia yang disebut, biar nyohor tapi tekor.


- Nikah? Maju terus , pantang mundur

Friend..
Kenapa kepala kamu mendadak nyut-nyut ?
Terus, kok hati kamu jadi menciut ?
Apa karena biaya nikah yang ber jut-jut?
Jangan mundur, apalagi sampe kabur.

Friend..
Umpamanya kita punya keinginan buat pinjem buku di perpustakaan, niatnya udah bener banget, tapi ngelangkahin kaki aja males banget alias ogah-ogahan (ya, sama aja bohong dong) NATO, no action talk only.
Kita liat deh, atlit dalam pertandingan lari. Nggak ada tuh, yang ragu-ragu dalam berlari, pede aja kali. (lantas apa hubungannya dengan nikah?) Jangan salah, nikah juga harus punya keyakinan yang kuat. Nggak boleh dihatui perasaan gelisah lantaran zaman berubah, bikin susah.
Hallow, any body here? Kalo udah muncul perasaan cinta, jangan balik haluan nggak jadi nikah. Ikutin aja langkah berikut.

1. U are U
Friend..
Kita harus percaya dengan kemampuan yang ada di diri kita. Kalo bisanya segini, bal..bla.. ya cukup segini. Kadang ada orang yang sampai memaksa mencapai kemampuan tapi malah jadi keteteran. Pingin ngadain walimah yang �wah� tapi nggak ada kemampuan untuk itu. Intinya friend, berpegang teguhlah pada kemampuan yang kita punya. (chayo..! lanjut.)

2. Mengalah bukan berarti kalah
Setiap manusia pasti punya keinginan, hasrat atau obsesi. Cobalah untuk lebih mengalah pada diri sendiri. Ketika kepingin beli ini atau itu, simpan dulu lah. Coba sedikit-demi sedikit ditabung buat ibadah yang satu ini, nikah. Kalo sikap mengalah ini udah muncul dalam diri kita, pasti kita bisa mengendalikan diri dalam setiap situasi dan kondisi.

3. Menyaring saran biar lancar
Friend..
Nggak sedikit yang langsung pusing lantaran ngedengerin saran dari tetangga, temen, bahkan saudara terdekat tentang kemauan mereka untuk membuat pesta yang �wah banget�. Bukannya nggak kepingin nerima saran. Tapi plis deh, saring dulu lah. Bersikaplah hati-hatidan waspada. Dari pada mengikuti kemauan orang lain tapi mengalami kesulitan, lebih baik yang sederhana aja.
Friend..
Yang terpenting walimah membawa berkah. Jadi nggak usah malu-malu buat bilang, �Thanks banget ya atas saran Mba, tapi mau gimana lagi, rejekinya emang Cuma segitu.� (beres, kan?)

4. Berburu informasi
Ali bin Abi tholib aja bisa me-lobi para sahabat sampai akhirnya ikut patungan buat hidangan walimahannya. Paling nggak, kita bisa cari informasi sana-sini. Siapa tau kita dapet peralatan sewaan (tenda, bangku dan peralatan lainnya) lebih murah. Siapa sangka juga kalo temen kita jago masak, dan dia bersedia untuk bantu. Nggak bisa diduga juga, kalau ada teman kita atau saudara teman kita yang siap meminjamkan aula buat resepsi. (toh kan, dimana ada kemauan, pasti ada jalan)

- Kita perlu tahu

Konsekuensi Pernikahan

Friend..
Dalam segala sesuatu pasti ada konsekuensinya. Misalnya kalo kita menjaga kesehatan, maka konsekuensinya adalah menghindari sesuatu merusak jasmani kita, salah satunya dengan tidak mengkonsumsi narkoba. Begitupun dengan pernikahan, ada beberapa konsekuensi yang harus dibuktikan, antara lain :
1. Status baru sebagai suami istri
Friend..
Sesudah akad nikah, maka secara otomatis status pun akan berubah menjadi suami dan istri. Kalo seorang leleki mempunyai ikatan yang kuat sebagai suami, maka ia harus melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai suami. Misalnya, memperlakukan istri dengan baik, memberi nafkah yang halal dan baik dan membimbing istri dengan baik. Begitu juga dengan istri, ia harus hormat dan patuh kepada suaminya.
2. Mematuhi nilai-nilai islam
Friend..
Akad nikah yang berlangsung secara islam bukan hanya sekedar formalitas hukum belaka, yang melambangkan hidup bersama dalam satu rumah, tetapi juga merupakan hidup bersama dalam satu nilai-nilai ketentuan yang datang dari Alloh dan Rosul-Nya baik jasmani dan rohani. Misalnya jika suami atau istri tidak memenuhi haknya dengan baik, maka diselesaikan dengan baik sesuai dengan ketentuan nilai-nilai islam.
Alloh berfirman :
�Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama) itu, maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.� (QS. Al Jatsiyah : 18)
3. Mempunyai keluarga besar
Friend..
Pernikahan bukan hanya sekedar menyatukan satu keluarga, tetapi juga menyatukan dua keluaga (suami dan istri). Misalnya, sebelum menikah hanya punya satu orang tua (ibu dan ayah) tetapi setelah menikah, orang tua suami / istri menjadi orang tua kita juga yang harus diperlakukan dengan baik sama halnya dengan orang tua kandung kita.
4. Mendidik anak
Friend..
Konsekuensi pernikahan juga adalah keterikatan menjadi orang tua (bila dikaruniai anak). Karena suami istri harus mempersiapkan diri mereka untuk menjadi orang tua yang baik, yang kelak akan mendidik anaknya dengan baik pula. Suami dan istri selalu kerjasama dalam mendidik dan membesarkan anak sehingga tidak ada kontradiksi diantara keduanya. Dengan begitu, pernikahan menjadi ladang amal soleh dalam membentuk keluarga yang bertujuan mengabdi pada Alloh SWT.

Hak dan Kewajiban Suami Istri

Friend..
Memiliki keluarga yang tentram dan bahagia adalah dambaan semua insan. Seperti yang Alloh firmankan dalam QS. Ar Rum : 21. Oleh sebab itu, agar kehidupan rumah tangga berjalan dengan baik maka suami dan istri harus menjalani hak dan kewajiban bersama. Apa sih, hak dan kewajiban suami istri.
1. Hak atas jasmani
Friend..
Salah satu kebutuhan manusia dalam hidupnya adalah terpenuhinya nafsu seksual. Dengan menikah manusia akan memiliki media penyaluran hasrat seksual yang lebih mulia dari pada binatang. Lebih halal, sah dan terhormat dihadapan Alloh SWT, keluarga dan masyarakat.
2. Hak waris
Friend..
Sekedar kita tahu (bagi yang belum menikah) bahwa, ketika suami meninggal dunia dan meninggalkan harta warisan, maka istrinya berhak memperoleh harta warisannya, begitupun sebaliknya. Karena memang pewarisan atas harta bisa terjadi disebabkan adanya hubungan darah dan pernikahan. Maka dari itu, masing-masing suami / istri berhak atas kepemilikan hartanya. Misalnya, istri mempunyai rumah, maka suami harus mengakui bahwa rumah itu adalah milik istrinya. Jadi nggak boleh dirubah akte kepemilikan rumah istrinya dengan nama suami.
3. Hak atas anak
Friend..
Hak bersama antara suami istri adalah hak anak. Apabila kehidupan rumah tangga dikaruniai anak, maka suami atau istri berhak atas anak tersebut, meskipun keduanya bercerai.
4. Berlaku baik
Friend..
Mu�asyaroh bil ma�ruf (berlaku baik) merupakan hak dan kewajiban suami dan istri. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rosululloh bahwa beliau sangat memuliakan istri dan anak-anaknya. Pernah suatu saat, salah seorang istrinya mau menaiki unta, beliau berjongkok dan kemudian memberikan pahanya untuk dijadikan tumpuan oleh istrinya. Rosululloh juga tidak pernah bersikap kasar, bila ada sesauatu yang tidak berkenan dihatinya. Rosul memanggil istri-istrinya dengan panggilan yang disukai dan senantiasa penuh kelembutan.
Rosululloh bersabda :
�Mu�min yang paling sempurna imannya ialah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik diantara kamu ialah mereka yang baik terhadap istrinya. (HR. Ahmad)
5. Menjaga amanah
Friend..
Suami dan istri juga mempunyai tanggung jawab sesuai perannya masing-masing dalam membentuk rumah tangga yang cemerlang. Manakala seluruh anggota keluarga (suami, istri dan anak) menunjukan tanggung jawabnya, maka rumah tangga itu tidak akan mengalami kesulitan dalam mempertanggungjawabkan kehidupan di dunia ini.
Rosululloh bersabda :
�Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan ditanya tentang kepemimpinan kamu.� (HR. Bukhori dan Muslim)
6. Mengokohkan kesabaran
Friend..
Suami iastri adalah dua individu yang berbeda, masih butuh adaptasi dan toleransi. Terkadang masing-masing pasangan merasa dirinya paling benar dan paling baik, disinilah perlunya kesabaran dalam berumah tangga.
7. Menjalin kerjasama
Friend..
Kerjasama sangat diperlukan dalam kehidupan berumah tangga, sehingga segala suatunya menjadi lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan. Misalnya dalam ekonomi keluarga, bagaimana tugas istri mengatur sehingga pendapatan suami cukup untuk menafkahi keluarga. Bekerja sama dalam hal mendidik anak, mengurus perawatan rumah tangga dan sebagainya.

Kewajiban Suami � Istri
Friend..
Kalimat ijab dan kabul memang hanya kata-kata yang singkat, namun sakral dan justru itu akan merubah seseorang dalam hubungannya dengan orang lain. Salah satunya adalah adanya kewajiban yang harus ditunaikan oleh suami kepada istri dan sebaliknya. So, apa aja ya, kewajiban bagi keduanya.

Kewajiban suami kepada istri :

1. Membayar mahar sesuai kemampuan
Kewajiban yang harus ditunaikan bila lelaki menikahi wanita adalah membayar mahar (mas kawin) secara tunai, bahkan ini menjadi rukun nikah. Bila mahar belum dibayar, maka itu termasuk hutang. Mahar juga menjadi milik istri sepenuhnya yang tidak boleh diambil lagi oleh suami.

2. Memberi nafkah yang halal dan berkah
Dalam memenuhi segala keperluan sandang, pangan dan papan istri, maka suami wajib memberi nafkah. Suami harus memiliki etos kerja yang tinggi dalam membiayai keperluan keluarga, ia harus mencari nafkah yang halal dan berkah.
Alloh berfirman :
�Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Alloh kepadanya. Alloh tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan apa yang Alloh berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.� (QS. Ath Thalaq : 7)

3. Membimbing dan mendidik istri
Tafsir Ibnu Katsir QS. An Nisa : 34 menafsirkan lafaz
Dengan beberapa makna diantaranya :
a) Laki-laki itu pemimpin istrinya. Sebagai seorang pemimpin tentunya harus melindungi, mensejahterakan dan membahagiakan yang dipimpin yaitu istrinya.
b) Laki-laki itu orang tua istrinya. Sebagai pengganti orang tua dalam memelihara, mendidik dan memberi kasih sayang.

Kewajiban istri kepada suami :

1. Patuh dan taat kepada suami
Istri yang terbaik pastinya ia patuh dan taat pada suami. Sehingga ia selalu berusaha membahagiakan suaminya dan menjauhi segala celah yang membuat suaminya marah.
Rosululloh bersabda :
�Sebaik-baiknya wanita adalah apabila engkau memandang kepadanya, ia menggembirakan kamu. Apabila engkau perintah, ia mematuhinya. Apabila engkau berinafkah, ia menerima dengan baik. Dan apabila engkau tidak disampingnya, ia akan menjada dirinya dan hartamu.� (HR. Nasa�i)

2. Melayani suami dengan baik
Ini adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh istri, melayani suami dengan baik, salah satunya melayani keinginan seksual dari suaminya.
Rosululloh bersabda :
�Jika seorang suami mengajak istrinya untuk melayani hubungan di tempat tidur dan si istri tidak memenuhinya (tanpa alasan yang tidak dapat diterima), dan ia (suami) tidur dalam keadaan marah atas istrinya, maka para malaikat akan mengutuknya (istri) sampai datang waktu subuh.� (HR. Bukhori dan Muslim)

3. Berlaku baik kepada suami
Sang istri selalu menjaga prilakunya agar tidak membuat suaminya marah dan kecewa. Rosululloh bersabda :
�Tidak halal bagi perempuan (istri) yang beriman kepada Alloh melakukan : menerima tamu di rumahnya yang tidak disukai oleh suaminya, keluar rumah yang suami tidak mengizinkannya, janganlah menuruti orang lain tentang suaminya, janganlah menjauhi tempat tidurnya dan janganlah melawan suami meskipun aniaya, tetapi tenanglah sampai reda kemarahannya/gembira. Bila suami sadar dan menerima, maka kesejahteraan dilimpahkan Alloh kepadanya. Bila suami tidak menerima, maka ia telah mendapat pahala karena telah menjalankan kewajibannya dan Alloh mengampuni dosa-dosanya.� (HR. Hakim)
Friend..
Insya Alloh, apabila suami dan sitri menjalani hak dan kewajibannya dengan baik maka akan terciptalah keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Keluarga yang tenang, tenteram, dan diliputi oleh kasih sayang sehingga kelak akan melahirkan generasi yang islami dan mewujudkan masyarakat dan bangsa yang islami pula.

Jumat, 18 Juli 2008

Cewek ideal

Friend..
Dalam pandangan agama-agama dan bangsa di dunia, hanya islam-lah yang menempatkan wanita sebagai manusia yang mulia. Wanita mempunyai hak sama sebagaimana laki-laki dan kewajiban yang sama dalam beribadah. Keduanya memiliki tugas yang sama, mengabdi pada Illahi Robbi sesuai dengan sifat dan karakternya.
Antara laki-laki dan wanita, mereka tidak mempunyai nilai disisi Alloh kecuali bila beriman dan bertaqwa. Subhanalloh, bahkan islam memberikan peranan yang mulia pada wanita. Contohnya, menciptakan keluarga bahagia dalam rumah tangga dan mendidik anak.

Friend..
Begitu besar perhatian Alloh terhadap kaum wanita. Bahkan Alloh berkali-kali mencantumkan wanita dalam surat yang ada dalam Al-Quran, Annisa dan Maryam. Al Quran juga menyebutkan beberapa wanita yang menjadi sejarah dan taudalan mulia. Seperti Hawa, ibu Nabi Musa, istri Firaun, Ratu Saba dan Maryam.

Friend..
Siapa sih, yang nggak kepingin jadi cewek ideal? Secara gitu loks, siapa lagi kalo bukan kita? (ya, iya lah.). Ternyata emang nggak gampang, didapatnya juga nggak instan, butuh perjuangan dan pengorbanan. So, untuk itu harus terus belajar dan belajar, agar setiap harinya ada proses ke arah yang baik dan lebih baik lagi.
Gimana, udah siap buat tahu. Yuk, kita sama-sama jadi cewek yang ideal.

1. Taat pada Alloh SWT dan Rosul-Nya
Friend..
Yang menonjol dari cewek ideal adalah kepatuhannya pada Alloh SAW dan Rosul-Nya. Alloh menjelaskan dalam QS. At Taubah : 71
“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Alloh dan Rosul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Alloh; sesungguhnya Alloh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Friend..
Salah satu wanita agung yang sangat patuh pada Alloh dan Rosul-Nya adalah Hajar. Tentunya kita akan terpesona oleh sosok Hajar yang rela ditinggalkan Nabi Ibrahim di padang pasir yang tandus yang jauh dari keramaian, disamping Al Bait di Makkah Al Mukarromah. Belum lagi, ia tinggal bersama bayi yang masih menyusui, Ismail namanya.
Hebat ya, Friend. Mungkin nggak ya, ada sosok Hajar di zaman sekarang? Kenapa ya, kok Hajar mau ditinggal suaminya? Alasannya sungguh mulia, karena imannya pada Alloh dan rasa tawakal yang murni pada-Nya. Dengan penuh keyakinan, Hajar bertanya pada suami tercinta.
“Suamiku, benarkah Alloh yang menyuruhmu berbuat demikian?”
“Ya, benar.” Jawab Ibrahim.
“Kalau begitu, Alloh pasti tidak akan menyia-nyiakan kami.”
Subhanalloh, Hajar ridho. Ia yakin, pasti Alloh akan melindungi dan kelak ia akan mendapat kabar gembira dari-Nya.

Friend..
Ketika di masa pemerintahan Umar bin Khotob, ada seorang gadis yang mampu mempertahankan keimanan pada Alloh dan Rosul-Nya. Sehingga Umar sangat kagum padanya.
Dari Abdullah bin Zaid bin Aslam dari Ayahnya, dari kakeknya ia berkata, “Saat aku bersama Umar bin Khotob yang sedang melaksanakan inspeksi di Madinah, tiba-tiba ia merasa kelelahan. Maka pada saat itu, ia bersandar di sebuah dinding. Tiba-tiba mendengar seprang wanita berkata kepada putrinya.
“Wahai putriku, tolong ambilkan susu dan kita akan campur dengan air.”
Putrinya menjawab, “Wahai ibu, apa ibu nggak tau keputusan yang diambil Amirul Mu’minin hari ini?”
“Lho, memangnya, keputusan apa?”
“Dia memerintahkan, bahwa susu tidak boleh dicampur dengan air.”
“Wahai putriku, ambil aja susu itu, trus kita campur dengan air. Toh, Umar nggak ada disini.” Ucap sang ibu.
“Ibu, Umar memang tidak ada disini. Tapi Alloh, selalu melihat kita. Aku sama sekali tidak akan menurutinya saat ramai, dan mendurhakainya saat sepi.”
Umar mendengar semua itu. Setelah ia kembali ke rumah, ia berkata pada Aslam, “Wahai Aslam, coba kau datangi lagi rumah itu. Kau selidiki, siapa yang memberi jawaban seperti itu, dan siapa pula lawan bicaranya. Apakah mereka sudah bersuami?”
Aslam mendatangi rumah tersebut dan mengabarkan kepada Umar, bahwa yang memberi jawaban adalah seorang gadis dan lawan bicaranya adalah ibunya. Sedangkan dirumahnya tidak ada seorang laki-laki.
Setelah dikabarkan demikian, Umar berkata pada putra-putranya, “Apakah ada seorang diantara kalian yang ingin aku nikahkan?
Abdullah menjawab, “Aku sudah beristri.”
Abdurrahman bilang, “Aku juga begitu.”
Giliran Ashim berkata, “Wahai Ayah, aku belum punya istri, maka nikahkanlah aku dengannya.”
Umarpun mengirim utusan kepada gadis itu, dan menikahkannya dengan Ashim. Dari mereka lahir seorang putri, dan dari putrinya melahirlah Umar bin Abdul Aziz.
Friend..
Itu gambaran wanita ideal yang mempunyai ketaatan pada Alloh dan Rosulnya. Dalam ramai ataupun sepi, merasa bahwa Alloh dan Rosul selalu bersamanya.

2. Mengimani rukun iman dan islam

Friend..
Percaya pada rukun iman yang enam dan islam yang lima, adalah karakteristik cewek ideal. karena hal ini berdasarkan hadits Jibril memuat tentang kandungan islam.
Dari Umar bin khotob RA ia berkata :”Pada suatu hari sewaktu kami sedang bersama Rosululloh SAW, tiba-tiba muncul dihadapan kami seseorang laki-laki yang pakaiannya serba putih dan rambutnya sangat hitam, tidak diketahui darimana ia datang dan tidak ada seorang pun diantara kami yang mengetahui sebelumnya. Selanjutnya ia duduk didekat Rosululloh, serta menyandarkan kedua lututnya kepada kedua lutut beliau dan meletakan kedua telapak tangannya diatas kedua paha beliau seraya berkata : “Wahai Rosululloh, ceritakanlah kepadaku tentang islam.”
Rosululloh bersabda : “Islam adalah kamu menyaksikan bahwa tidak ada Tuhan kecuali Alloh dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Alloh, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan ramadhan, dan haji ke baitulloh bila kamu mampu untuk menempuh perjalanannya.”
Orang itu menjawab, “Engkau benar.”
Kami terheran-heran melihat sikap orang itu karena ia menanyakan sesuatu itu tapi ia sendiri yang membenarkannya. Ia bertanya lagi, “Ceritakanlah padaku tentang iman.”. beliau bersabda :
“Yaitu kamu menyembah sepenuh hati kepada Alloh, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rosul-rosul-Nya, dan hari akhir serta kamu percaya dengan sepenuh hati kepada takdir Alloh, yang baik dan yang buruk.”
Orang itu menjawab, “Engkau benar.” Ia bertanya lagi, “Ceritakan padaku tentang ihsan.”
Rosululloh bersabda : “Yaitu kamu menyembah kepada Alloh, seakan-akan kamu melihat-Nya. Jika kamu tidak bisa berbuat demikian, maka berkeyakinanlah bahwa Alloh melihat kamu.”
Ia bertanya lagi, “Ceritakan padaku tentang kapan datangnya hari kiamat.”
Rosululloh bersabda, “Yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya.”
Ia bertanya lagi, “Kalau begitu ceritakan padaku tentang tanda-tanda hari kiamat.”
Rosulullulloh bersabda, “Bila seseorang hamba (sahaya) melahirkan tuannya, bila kamu melihat orang-orang fakir miskin tidak bersepatu juga telanjang dan pekerjaanya mengembalakan kambing itu, mereka berlomba-lomba dalam membangun rumah.”
Orang itu lantas pergi, kemudian kami diam sambil merenung. Rosululloh bertanya, “Wahai Umar, tahukah kamu siapa yang bertanya tadi?”
Umar menjawab, “Alloh dan Rosul-Nya lebih mengetahui.”
Beliau bersabda, “Sesungguhnya yang bertanya adalah Jibril, dia datang untuk mengajarkan urusan agamamu.” (HR. Muslim)

3. Rajin beribadah kepada Alloh
Friend..
Nggak ada tujuan lain, kenapa Alloh menciptakan kita selain beribadah kepada-Nya. Alloh berfirman dalam QS. Az Zariyat : 56 . “Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia supaya mereka mengabdikan dirinya (beribadah) kepada-Ku.”
Beribadah bukan hanya sholat aja lho, tapi juga semua yang mencakup kehidupan manusia. Syekh Ibnu Taimiyah berkata, “Ibadah adalah sebutan untuk segala hal yang dicintai dan diridhoi Alloh. Berupa perkataan, perbuatan yang nampak dan tidak nampak.”
Friend..
Insya Alloh kita menjadi cewek ideal, yang bisa menjadikan seluruh kegiatan kita mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, semata-mata hanya untuk mencari ridho Alloh. Dengan kata lain, beribadah pada Alloh.
Pastinya sesuai dengan ikrar kita disetiap kita sholat. “Katakanlah, sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup matiku hanyalah untuk Alloh, Robb semesta alam.” (Al An’am :162)

4. Rajin bertaubat pada Alloh

Friend..
Setiap manusia pasti pingin akhir yang indah (husnul khotimah). Maka jalan menuju tujuannya pun harus indah yakni, taubat. Taubat adalah pokok permulaan hidup seseorang, sekaligus menjadi ruh akhir hidup seseorang. Artinya, dengan bertaubat kita akan menikmati hidup, nggak dikejar dosa, nggak dicaci maki orang, dan nggak dihinakan oleh Alloh.

Friend..
Setiap manusia memang punya salah dan dosa, namnya juga manusiawi. Tapi cewek ideal, ketika ia berada di jalan kemaksiatan, ia segera bertaubat memohon ampunan pada Alloh. Sebagaimana firman Alloh :
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (Al Imron : 133)

Friend..
Syarat taubat ada empat :
1. Harus menghentikan maksiat
2. Harus menyesal atas perbuatan yang telah terlanjur dilakukan
3. Niat bersungguh-sungguh tidak mengulangi perbuatan itu kembali
4. Apabila dosa itu ada hubungannya dengan hak manusia, meka hendaklah ia menyelesaikannya dengan orang yang berhak, meminta maaf, atau mengembalikan apa yang seharusnya dikembalikan.

Friend..
Tiada yang lebih indah dan lebih istimewa melebihi cinta Alloh kepada hamba-Nya. Alloh mencintai hamba-Nya yang bertaubat. Semoga, kita ada dalam Cinta-Nya.

5. Menolong Din Alloh

Friend..
Siapa tuh, yang sering bantu teman nganter ke perpustakaan?, Siapa sih, yang sering pinjemin teman uang saku?, Siapa juga yang suka menyantuni anak yatim? Mungkinkah itu kamu orangnya? (beri empat jempol sekalian deh! He..he..). Jiwa tolong menolong emang harus dimiliki oleh cewek ideal. Apalagi materi tolong-menolong ini udah kita pelajarin di bangku sekolah dasar dulu, pelajaran PPKN / PMP (jangan bilang nggak, ya.) Jadi pasti dong, untuk kriteria yang satu ini udah mendarah daging.

Friend..
Tangga tolong menolong kita harus dinaiki lagi, kalo langkah kita sudah kepada sesama (orang tua, saudara, teman atau orang lain), kita melangkah terus hingga menuju agama kita, Islam. Sungguh, para wanita di zaman Rosululloh ikut membantu sekuat tenaga demi mempertahankan agama Islam. Mau tau, kaya gimana bentuk tolong menolong mereka? (lanjut aja, kali)
1. Ummu Athiyah RA berkata : “Saya pernah ikut Rosululloh SAW berperang tujuh kali peperangan, saya menjaga kendaraan mereka (prajurit Islam). Saya memasakan makanan-makanan untuk mereka, saya mengobati mereka yang kena luka dan saya merawat mereka yang sakit.” (HR. Imam Muslim, Ibnu Majjah dan Ad Darimi)
2. Imam Az Zuhuri berkata : “Adalah wanita Islam berikut serta menyaksikan tempat-tempat penting di medan perang bersama Nabi SAW, mereka membawakan air minum dalam peperangan, mengobati dan mengangukut para prajurit yang kena luka.”
3. Dari Ibnu Abbas RA berkata : “Adalah Rosululloh SAW yang biasa pergi berperang bersama-sama para wanita. Dalam hal itu mereka mengobati orang-orang yang luka, dan mereka mendapatkan harta rampasan.”
4. Dari Rubayya bin Mu’awwid RA berkata : “Kami (kaum wanita) biasa ikut perang bersama Nabi SAW, dalam perang itu kami kami mengobati mereka yang luka, dan kami mengangkut mereka yang gugur ke kota Madinah.”

Friend..
Sebegitu besarnya semangat mereka dalam menolong agama Alloh, Insya Alloh kita pun akan terus bersemangat.

6. Gemar membaca dan mengkaji Al Quran
Friend..
Hati-hati lho, buat kamu yang bisa khatam baca novel berjilid-jilid tapi giliran khatam Al Quran dari SD belum selesai juga (Ehm, siapa ya? mudah-mudahan bukan kita ya..). Tapi ada juga lho yang kebingungan dengan masalah yang satu ini, “Oiya ya.. padahal ngadepin ujian S1 dulu, gue tuntas baca buku yang tebel-tebel. Tapi gue heran, kenapa Al Quran yang cuma satu kitab, nggak khatam-khatam ya?” (Ehm, mudah-mudahan bukan juga kita ya..)

Friend..
Emang segitu susahnya ya, menggerakkan anggota tubuh buat baca dan mengkaji Al Quran. Ada apa sih? Apa karena baca Quran-nya belom lancar? Atau malu karena tajwid-nya belum bisa?, Atau hanya sekedar malas? (Friend, wake up!)
Abu ‘Aliyah berkata : “Pelajarilah kamu sekalian tentang islam, maka tatkala kamu telah memahaminya (mendapat islam) maka janganlah kamu benci kepadanya. Dan hendaklah kamu berada diatas shiroth mustaqim, karena as-shiroth mustaqim adalah islam, jangan menyeleweng (berpaling) ke kanan dan ke kiri.”
Al Fudhail rahimulloh berkata : “Orang yang membaca Al Quran sama dengan orang yang membawa panji islam, Dia tidak perlu bercanda dengan orang-orang yang suka bercanda, berkumpul dengan orang yang suka main-main sebagai bentuk pengagungan terhadap Alloh.

7. Amal ma’ruf nahi munkar

Friend..
Cewek ideal paling rajin beramal ma’ruf nahi munkar (menjalankan perintah Alloh dan menjauhi larangan-Nya). Dalam QS At Tubah : 71
“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rosul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Alloh; sesungguhnya Alloh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

8. Menutup aurat dan tidak tabarruj
Apa sih, komentar para cowok kalo melihat cewek yang pakaiannya seksi?. Berikut tanggapannya yang dikutip dari majalah paras tahun ke-2 April 2005 :
“Saya tidak munafik, ketika di jalanan melihat wanita berpakaian seksi saya akan melihatnya. Tapi paling hanya sekilas saja, lagi pula siapa suruh berpakaian seperti itu kalau tidak ingin dilihat orang lain.”
(Ris Faisal, counsellor section – kedutaan Korea)

“Sebagai laki-laki, melihat perempuan berpakaian seksi, ya senang-senang aja. Sebagian orang menganggap itu sebagai keindahan, tapi berpakaian seksi juga bisa menimbulkan kejahatan.”
(Joy Astro, Presenter SCTV)

Friend..
Merasa nggak sih, kalo kita sebagai kaum hawa punya daya tarik yang yang cukup kuat terhadap kaum adam. Bukannya ge-er tapi nyata kok, apapun yang ada di diri cewek, bikin cowok kelepak-kelepek (ya iya, dong). Karena itu Alloh menyuruh kita untuk menutup aurat. Alloh berfirman :
“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Alloh adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (Al Ahzab : 59)

Friend..
Jadi jelas bahwa cewek ideal wajib menutup seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangannya. Lantas apa aja ya, syarat-syarat pakaian cewek ideal :
1. Tidak menampakan bagian tubuh yang menimbulkan fitnah. Pakaian yang ketat, pendek, tipis seperti pakaian yang mengikuti mode.
2. Bukan pakaian kkusus yang dipakai oleh laki-laki. Sebab Rosululloh melaknat perempuan-perempuan yang menyerupai laki-laki, begitupun sebaliknya.
3. Bukan pakaian khusus yang dipakai oleh orang-orang kafir.

Friend..
Tabaruj itu membuka dan menampakan sesuatu untuk dilihat mata. Namanya juga cewek, suka berhias, wajar aja kali (manusiawi). Tetapi yang nggak boleh, berhias yang berlebihan sehingga dapat menarik kaum pria dan membangkitkan syahwat. Firman Alloh SWT :
“dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu..” dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Alloh dan Rosul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (QS. Al Ahzab : 33)

Ada beberapa pendapat tentang tabarruj :
- Mujahid berkata : “Perempuan yang keluar dan berjalan di hadapan laki-laki.
- Qotadah berkata : “Perempuan yang cara berjalannya dibikin-bikin dan menunjuk-nunjukan.
- Muqati berkata : “Perempuan yang melepas kerudung dari kepala dan tidak diikatnya, sehingga kalung dan lehernya nampak semua.”

Beberapa cara menghindari tabarruj :
- Ghadh-dhul bashar (menundukan pandangan)
- Tidak bergaul bebas (sehingga terjadinya persentuhan laki-laki dan perempuan)
- Pakaian harus selaras dengan tata kesopanan islam
- Tidak tipis dan tidak membentuk badan sehingga nampak kulitnya

Friend..
Jangan sampai kita menjadi korban perkembangan zaman, memakai bermacam kosmetik setebal mungkin, memakai baju se-seksi mungkin, merubah gaya jalan se-anggun mungkin, sengaja ngelakuin itu hanya untuk mengurangi rasa minder dan menarik perhatian para cowok. Mudah-mudahan itu bukan kita..
Yakinlah, bahwa kita adalah cewek ideal. Karena cewek ideal adalah cewek yang penuh rasa percaya diri. Ia nggak pernah merasa minder dan berbuat sesuatu guna menutupi kekurangan dirinya.

9. Memelihara kesucian dan kewibawaan diri
Friend..
Cewek ideal adalah cewek yang penuh perhatian untuk memelihara kesucian diri dan kewibawaan diri. Mengenai hal ini, apa aja yang perlu diperhatikan ?
1. Cewek ideal nggak boleh pergi tanpa muhrimnya.
Rosululloh bersabda :
“Janganlah seorang wanita berpergian jauh kecuali bersama mahram.” (Mutafaqqun ‘Alaihi)
2. Cewek ideal nggak boleh berkhalwat
Rosululloh bersabda :
“Tidak diperbolehkan bagi laki-laki berkhalwat (menyendiri) dengan seorang wanita kecuali bersamanya (wanita) muhrimnya.” (HR. Mutafaqqun ‘Alaih)
3. Cewek ideal nggak berjabat tangan dengan laki-laki yang bukan muhrimnya
“Demi Alloh, tangan Rosululloh tidak pernah menyentuh tangan wanita. Beliau tidak membaiat kaum wanita kecuali dengan ucapan.”
4. Cewek ideal nggak berbuat zina
“Iman adalah pakaian yang akan Alloh kenakan bagi siapa yang dikehendaki, maka jika hamba itu melakukan zina, Alloh akan mencabut pakaian itu dan bila bertaubat pada Alloh, akan mengenakannya kembali.” (HR. Abu Dawud, Tirmizi, Hakin dan Baihaqi)

10. Taat dan patuh pada suami

Friend..
Dalam pandangan islam, wanita bukan hanya sekedar anugrah, tapi juga amanah. Amanah dari Alloh yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya, Suatu saat nanti amanah yang telah diemban oleh kedua orang tua yang telah mengasuh, membesarkan, mendidik, akan berpindah dan diserahkan pada calon suami kita kelak lewat pernikahan. Karenanya begitu besarnya hak suami atas istrinya, maka Rosululloh bersabda :
“Tidak boleh seorang sujud kepada orang lain. Seandainya diperbolehkan seseorang sujud kepada orang lain, niscaya akan aku perintahkan wanita untuk bersujud kepada suami atas dirinya.” (HR. Imam Ahmad, An Nasai, Bazzar)
Aisyah RA pernah bertanya pada Rosululloh tentang hal ini :
“Siapakah orang yang paling besar haknya atas seorang wanita? “Rosululloh menjawab : “Suaminya!” Selanjutnya A’isyah bertanya, “Lantas siapa yang paling besar haknya atas seorang laki-laki?” Beliau menjawab, “Ibunya!.” (Diriwayatkan oleh Al Bazzar dengan isnad Hasan)

11. Keibuan

Friend..
Cita-cita yang paling mulia dari seorang wanita adalah menjadi ibu. Bukan hanya sekedar pandai mengurus kebutuhan rumah tangga, tapi juga mampu menciptakan keluarga yang bahagia dan melahirkan anak-anak yang sholeh dan sholehah (pastinya, dong). Cewek ideal punya semangat untuk mewujudkan mimpi itu menjadi nyata. Berusaha keras menjadi ibu yang hebat. Mau tahu ciri-ciri ibu hebat kaya gimana?
1. Mempunyai hubungan baik dengan Alloh dan Rosul-Nya
2. Memberikan keteladanan
3. Penyayang
4. Kreatif
5. Bersikap dan bertindak bijaksana
6. Mampu menyelami dunia anak
7. Berjiwa besar dan bercita-cita tinggi
8. Banyak membaca
9. Bertanggung jawab terhadap pendidikan putra-putrinya
10. Waspada dengan segala sesuatu yang merusak akhlaq anak

12. Pandai memanfaatkan waktu
“Nggak kerasa ya, udah hari senin lagi.” Ini sering sekali kita ucapkan, secara tidak sadar waktu berjalan begitu cepat. Masa ibarat pedang yang diayunkan. Ia nggak pernah menunggu sampai orang-orang terpesona, atau berpaling ketika orang-orang sadar.

Friend..
Cewek ideal nggak pernah melalui menghabiskan waktu dengan kesia-siaan. Ia sangat menghargai waktu, karena baginya waktu adalah permata yang tak ternilai harganya. Daripada banyak nonton tivi, lebih baik menghafal Al Quran. Daripada ngegosip, lebih baik baca buku / mendidik anak. Daripada berangan-angan, lebih baik menyambung tali silaturrahmi.
Friend..
Jadilah cewek ideal, cewek yang mempunyai pilihan tentang waktu. “Jika waktu waktu diisi dengan kebaikan, maka waktu pun akan terisi dengan keburukan”. Makanya, cewek ideal nggak mau jadi orang yang merugi (QS. Al ‘Ashr : 1-3)

Kamis, 17 Juli 2008

Cowok ideal

Friend..
Kalo kita buka lagi Al Quran (Al Hijr : 26) disana menceritakan bagaimana Alloh menciptakan manusia pertama (Adam) dari tanah yang kering dan dari lumpur yang hitam. Penciptaan manusia yang sebaik-baiknya dan menjadikannya begitu mulia, itu sebabnya kenapa Alloh menyuruh semua makhluk lain termasuk para malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Adam.......

Bukan hanya itu, Alloh juga memberi amanah yang besar kepada lelaki yakni menjadi kholifah (pemimpin) di muka bumi. Kamu adalah kaum Adam. Kaum yang diberi tanggung jawab oleh Alloh untuk memimpin bumi (bravo, bro..!).
Friend..
Budaya kita mengidentifikasikan cowok dengan makhluk yang kuat, berani, pantang menyerah dan tegar. Buku yang ditulis oleh John Gray dalam Mars and Venus in love, disana dikatakan bahwa cowok punya gua yang sulit di tembus, seakan-akan lebih tegar dalam menghadapi masalah (Yup, itu lah cowok). Terlepas dari itu, pastinya setiap cowok punya keinginan untuk menjadi sosok cowok yang ideal. Kaya gimana kriterianya, kita bakal jelasin.
So, kalo kriteria kamu ada dibawah ini, “Selamat!” Berarti kamu udah masuk ke dalam daftar buku catatan si Boy. Ups, maksudnya daftar cowok ideal planet bumi. Tapi kalo belum, Boy don’t cry. Siapa tau kamu bisa jadi the next indonesian cowok ideal yang jadi idol. Syaratnya mudah, asal kamu ada kemauan dan mau berjuang pasti bisa kok. Who want’s to be, mari langsung aja kita lihat, apa aja sih kriterianya.

1. Mencintai Alloh dan Rosul-Nya
Friend..
Cinta adalah sifat khas bagi yang hidup dan berperasaan. Setiap yang mencintai pasti rela berkorban jiwa dan raga untuk yang dicintai. Seorang hamba yang mencintai Alloh SWT dan Rosul-Nya. Ia tidak akan berat untuk melakukan apapun yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang Alloh dan Rosul-Nya. Hatinya akan resah bila ia jauh dari yang Sang Pecinta, kerinduannya yang besar senantiasa mengejar dan terus mengejar untuk menggapai cinta yang hakiki.
Friend..
Cowok ideal bukan hanya mendapat KTP sebagai seorang muslim, tapi ia juga menjadi seorang mu’min, yang besar cintanya pada Alloh dan Rosul. Karena ia tahu, bahwa hanya Alloh yang serba Maha yang memberi cahaya kehidupannya. Alloh berfirman :
“…Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Alloh.” (Al Baqoroh : 165)
“Katakanlah: "Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Alloh dan Rosul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Alloh mendatangkan keputusan-Nya." Dan Alloh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.” (At Taubah : 24)
Friend..
Semoga kita senantiasa menempatkan cinta pada Alloh dan Rosul diatas segalanya.

2. Berbakti pada kedua orang tua
Friend..
Dalam Ayat Al Quran ada 3 ayat yang berpasang-pasangan. Namanya berpasangan otomatis dong, nggak bisa dipisahin. Sebagai berikut :
1. Taat pada Alloh dan taat pada Rosul (QS. Al Maidah : 92)
2. Dirikan Sholat dan tunaikan zakat (QS. An Nur : 56)
3. Syukur pada Alloh dan kedua orang tua (QS. Lukman : 14)
Friend..
Cowok ideal adalah cowok yang berbakti pada kedua orang tuanya, karena itu merupakan wujud syukurnya pada Alloh SWT. Ia tahu bahwa Ibu dan Ayahnya adalah insan yang teramat berharga dalam hidupnya. Ibu yang begitu mulia, sehingga insan termulia (Rosululloh SAW) menyebut nama ‘ibu’ tiga kali dan menaruh syurga di telapak kakinya. Ia tahu pengorbanan ibu yang mengandung, melahirkan, menyusui dan mendidiknya dengan cinta. Begitupun dengan Ayah, yang menjadi teman dan tauladan yang baik dan semangat dalam mencari nafkah.
Cowok ideal selalu menghadirkan senyuman di bibir kedua orang tuanya, menjadi kebanggaan bagi mereka. Ia akan berusaha untuk terus membahagiakan kedua orang tuanya, menjaga, dan mendoakan mereka dalam setiap sujudnya. Karena ia tahu, baktinya merupakan warisan terindah untuk anak-anaknya kelak. Sebagaimana Rosul bersabda :
“Berbaktilah kalian kepada orang tua kalian, niscaya mereka (anak-anak kalian) akan berbakti kepada kalian.”

3. Pemimpin yang baik
Friend..
Cowok ideal selalu meneladani Rosululloh SAW, termasuk dalam hal ini, kepemimpinan. Rosululloh sosok pemimpin yang ideal, di tangan beliau ada 2 macam kekuasaan yaitu kekuasaan keagamaan dan kekuasaan keduniaan. Meskipun begitu, Rosululloh tidak ingin dirinya dihormati dan ditakuti. Rosululloh menjadi sosok pemimpin yang disayangi, karena sikap Rosul yang ikhlas, senang membantu, pemaaf dan rendah hati pada para sahabat, keluarga, kerabat dan masyarakat.
Friend..
Ingat lho, Kepemimpinan menurut islam bukan yang punya tipe angkuh dan memerintah sekehendak hati. Kemimpinan dalam ajaran islam ialah sebagaimana yang telah disabdakan Rosululloh SAW :
“Sesungguhnya aku ini bagi kamu, adalah ibarat bapak dengan anaknya.”
Friend..
Alhamdulillah, Contoh leadership yang baik bukan hanya ada pada diri Rosululloh, tetapi juga para sahabat. Semoga Alloh memudahkan kita untuk mengikuti jejak Rosululloh, menjadi pemimpin yang baik untuk diri sendiri, keluarga, bangsa dan agama.

4. Menjadi Ayah idola
Friend..
Semoga doa ini senantiasa kita panjatkan pada Robbi
“Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penghibur hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Al Furqan : 74)
Friend..
Tentunya kita tau, apa yang Lukman ajarkan kepada anaknya. Ia tidak memanjakan anaknya dengan harta yang serba ada, namun Lukman mengajarkan hikmah, kebaikan. Sebagaimana tertulis dalam Al-Qur’an :
“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Alloh) adalah kezaliman yang besar.” (QS. Lukman : 13)
Friend..
Banyak lagi ajaran dan didikan yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya yang meliputi bidang akidah, ibadah, kemasyarakatan dan sebagainya. Antara lain:
1. Mendirikan ibadah shalat.
2. Menyeru manusia berbuat kebaikan dan mencegah dari berbuat kemungkaran.
3. Bersabar ketika berhadapan dengan ujian hidup.
4. Mengimani setiap yang baik pasti ada balasannya, begitu juga sebaliknya.
5. Tidak sombong terhadap orang lain.
6. Merendah diri.
7. Hidup secara sederhana.
8. Tidak meninggikan suara kepada orang lain.
Friend..
Jadilah Ayah yang diidolakan oleh anggota keluarganya. Menjadikan keluarga yang islami, penuh kebaikan dan keselamatan. Ayah idola akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anaknya, sehingga kelak anak-anaknya akan tumbuh dan memberikan warna terindah pada dunia.

5. Memelihara kesehatan dan kebersihan
Friend..
Untuk urusan kebersihan dan kesehatan, cowok ideal sangat menjaganya. Sebagaimana Rosululloh senantiasa memelihara kesehatan dan kebersihan, misalnya Rosul selalu bangun sebelum subuh, aktif menjaga kebersihan, tidak banyak makan, berolah raga, gemar berjalan kaki dan tidak marah-marah.
Friend..
Berkenaan dengan kesehatan, cowok ideal nggak ngerokok lho. Karena dia paham betul kalo merokok dapat menimbulkan dampak yang serius terhadap kesehatan dan rokok merupakan gerbang perkenalan dengan yang haram, narkoba. Didalam rokok juga ada bahan kimia yang paling berbahaya, terutama nikotin, tar, hidrokarbon, karbon monoksida, dan logam berat dalam asap rokok. Parahnya lagi, rokok berdampak pada kesehatan manusia bukan hanya bagi perokok aktif, tapi juga perokok pasif (makanya, hati-hati jadi korban asap rokok).
Friend..
Pastinya kepingin dong jadi hamba yang dicintai Alloh, maka periharalah kesehatan dan kebersihan. Sesuai dengan firman Alloh SWT :
“Sesungguhnya Alloh mencintai orang yang taubat dan orang-orang yang membersihkan diri.” (Al Baqoroh : 222)
Rosululloh bersabda :
“Mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Alloh dari pada mu’min yang lemah.” (HR. Muslim)

6. Tolabul ilmi / menuntut ilmu
Friend..
Kriteria cowok ideal adalah gemar menuntut ilmu. Ibarat padi semakin berisi semakin merunduk, cowok idel juga nggak merasa dirinya ‘lebih hebat dari orang lain’. Ia tidak merasa puas dengan ilmu yang didapat, justru semakin ia menggalinya ia semakin merasa dirinya jahil (bodoh).
Ilmu bukan hanya bekal hidup di dunia, tapi juga bekal di akhirat. Cowok ideal tidak hanya menginginkan kesuksesan di bumi, tapi ia pun ingin sukses di akhirat.
Friend..
Cowok ideal bertindak berdasarkan ilmu, bukan sekehendak hatinya. Misalnya sebelum menikah, ia sudah lebih dulu mengkaji ilmu tafsir, hadits, buku-buku ilmiah tentang pernikahan yang kelak akan menjadi bekal dalam membina rumah tangganya. Jadi nggak instan lho, tapi ada proses pembelajarannya juga.
Bagi orang yang berilmu, Alloh akan meinggikan derajatnya. Dan Rosululloh menjadikan ilmu yang bermanfaat (diamalkan) sebagai pahala yang terus mengalir.
Alloh berfirman :
“...Niscaya Alloh akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al Mujadilah : 11)
Rosululloh bersabda :
“Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amal ibadahnya kecuali 3 perkara :
1. Shodaqoh
2. Ilmu yang bermanfaat
3. Anak sholeh yang mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim)

7. Memiliki teman-teman yang sholeh
Friend..
Sebenernya untuk mengenal seseorang nggak perlu berbulan-bulan, apalagi sampai bertahun-tahun. Cukup dengan melihat ‘siapa temannya’ kita sudah bisa tau ‘seperti apa dia’. Kalo kita berteman dengan tukang penjual minyak tanah, kita pun akan terkena baunya. Atau sama halnya jika kita bersahabat dengan tukang minyak wangi, otomatis kita terkena wanginya. Berteman pun begitu, Insya Alloh kalo kita mempunyai teman-teman yang sholeh, kita senantiasa gemar dan termotivasi untuk beramal sholeh, begitupun sebaliknya.
Friend..
Pepatah arab mengatakan, “Temanmu adalah yang membuatmu menangis, bukan membuatmu tertawa”. Karena teman yang baik bukan yang menjerumuskan kita dalam jurang nista, mengajak kita hura-hura menikmati kesenangan dunia yang hanya sesaat. Tapi teman yang baik senantiasa mengajak kita agar menuju cita-cita mulia, masa depan yang gemilang yakni syurga.
Beruntunglah, jika memiliki teman-teman yang sholeh..

8. Lelaki sejati
Friend..
Kayanya nggak banget deh, kalo cowok ideal itu nggak jelas identitasnya. Secara gitu lho, banyak para cowok yang ngeblur (nggak jelas) dalam memperkenalkan dirinya. Kenapa-nya nggak usah ditanya, itu urusan pribadi masing-masing. Yang herannya lagi, para ‘cowok ngeblur identitas’ itu, mendapat izin resmi untuk menetap di bumi pertiwi (mungkin ini yang disebut kiamat sudah dekat).
Friend..
Sudah jelas-jelas Rosululloh mengumumkan, bahwa perempuan dilarang memakai pakaian laki-laki, begitu juga sebaliknya, laki-laki dilarang memakai pakaian perempuan. Kalo yang tadi sebatas pengumuman, tapi untuk yang ini Rosululloh melaknat, laki-laki yang menyerupai perempuan dan sebaliknya. Mau itu gaya bicaranya, gerak-geriknya, cara jalannya, pakaian dan sebagainya.
Friend..
Udah jelas banget, bahwa manusia hanya mempunyai 2 tabiat (tabiat laki-laki dan tabiat perempuan). Masing-masing punya keistimewaan sendiri-sendiri. So, jangan sampe kita memiliki sikap abnormal, manusia jadi-jadian (laki-laki jadi wanita, atau sebaliknya).
Rasululloh SAW pernah menghitung orang-orang yang dilaknat di dunia ini dan disambutnya juga oleh Malaikat, diantaranya ialah laki-laki yang memang oleh Alloh dijadikan betul-betul laki-laki, tetapi dia menjadikan dirinya sebagai perempuan dan menyerupai perempuan; dan yang kedua, yaitu perempuan yang memang dicipta oleh Alloh sebagai perempuan betul-betul, tetapi kemudian dia menjadikan dirinya sebagai laki-laki dan menyerupai orang laki-laki (Hadis Riwayat Thabarani). Berkaitan dengan hal ini, Ali dan Umar pernah ditegur oleh Rosululloh.
Ali RA berkata :
"Rasululloh s. a. w. pernah melarang aku memakai cincin emas dan pakaian sutera dan pakaian yang dicelup dengan 'ashfar (zat warna berwarna kuning yang biasa dipakai untuk mencelup pakaian-pakaian wanita di zaman itu).” (Hadis Riwayat Thabarani)
Ibnu Umar pun pernah meriwayatkan :
“Bahwa Rasululloh s.a.w. pernah melihat aku memakai dua pakaian yang dicelup dengan 'ashfar, maka sabda Nabi: “Ini adalah pakaian orang-orang kafir, oleh karena itu jangan kamu pakai dia.”
Friend..
Jadilah ‘lelaki yang betul’, bila ia ditakdirkan menjadi laki-laki, maka ia betul-betul lelaki. Cowok ideal nggak hidup dalam dua alam, ia adalah lelaki sejati.

9. Humoris
Friend..
Siapa bilang cowok ideal nggak humoris, buktinya Rosululloh aja humoris. Meskipun Rosullulloh sosok yang sangat diteladani dan dihormati oleh para sahabat, keluarga dan masyarakat, tapi beliau nggak jaim-jaim banget. Mau tahu gimana candanya Rosululloh?
Rosululloh menantang Aisyah, istri tercintanya untuk balapan lari. Karena Aisyah masih ramping dan lincah, maka ia mampu mengalahkan Rosululloh dan ia menjadi pemenangnya. Beberapa tahun setelah kekalahan itu, Rosululloh mengajak Aisyah untuk bertarung kembali dalam perlombaan lari untuk yang kedua kalinya. Dan kali ini yang menjadi pemenangnya adalah Rosululloh. Harap dimaklumi, namanya wanita cepat gemuk, bobot badan makin berat, lari makin lamban, begitupun Aisyah. Sambil terengah-engah kecapean menuju garis finish, Rosululloh berkata : “Skor kita sekarang satu-satu ya, ini balasan kekalahanku yang dulu.” Kontan aja wajah Aisyah cemberut manja (Tuh, humoris banget kan?).
Pernah juga Rosululloh didatangi oleh Nenek-nenek. Setelah sampai dihadapan Rosululloh, Nenek itu bertanya : “Wahai Rosululloh, doain saya ya, supaya bisa masuk syurga bersamamu.” Mendengar itu, wajah Rosul jadi serius.
“Aduh Nek, maaf ya. Di syurga nanti nggak ada nenek-nenek.” Belum selesai Rosulloh menjelaskan, si Nenek udah keburu banjir air mata. Ia melangkahkan kaki mau pulang.
“Nek, Nek, tunggu!” Rosululloh memanggil si Nenek. “Nenek kenapa nangis? Nek, di syurga memang nggak ada Nenek-nenek, semuanya menjadi gadis-gadis perawan. Begitu, Nek..” Spontan si Nenek sumringah, ia meninggalkan Rosululloh sambil senyum kegirangan (Gimana, humoris banget kan?)
Friend..
Dengan catatan, Rosululloh bercanda dengan kata-kata yang benar, tidak berdusta (bohong). Nah, cowok ideal pun begitu, ia adalah sosok yang humoris dengan kata-kata candaan yang benar, baik, tidak jorok dan tidak kasar.

10. Sederhana dan jujur
Friend..
Cowok ideal adalah cowok yang sederhana (nggak neko-neko), hidupnya nggak serba mewah dan berlebih-lebihan. Contohnya aja masalah pakaian. Cowok ideal nggak terlalu pusing dengan perkembangan zaman, lantas menuntut diri untuk menjadi cowok metropolis. Misalnya dari segi fashion mengikuti perkembangan zaman, pake tato, anting telinga dan dihidung, rambut belah pinggir, (nutupin satu mata kaya pembajak laut), gelang berduri, dan sebagainya.
Friend..
Cowok ideal mengikuti hidup sederhana yang diterapkan idolanya, Rosululloh. Rosululloh memakai pakaian yang ada dan tidak memaksakan untuk harus ada. Meskipun begitu, Rosululloh memakai pakaian yang sesuai, memakai pakaian yang baik / bagus jika menyambut utusan atau pada hari raya.
Diriwayatkan oleh Imam Tirmizi, bahwa Abu Muhammad Fadlalah bin Ubaid Al Anshori RA pernah mendengar Rosululloh SAW bersabda :
“Berbahagialah barang siapa yang mendapatkan hidayah untuk memeluk agama Islam, sedang keadaan hidupnya sederhana tetapi Qona’ah, yaitu rela dan merasa cukup dengan pemberian Alloh yang sederhana itu.”
Friend..
Sudahkah kita memiliki sifat jujur? (jawab dengan jujur ya..). Jujur dan kejujuran adalah adalah dua kata yang berbeda, jujur kata sifat, sedangkan kejujuran kata benda. Tapi yang tepenting cowok ideal harus memiliki sifat ini, jujur. Baik pada diri sendiri, dan orang lain. Rosululloh bersabda :
“Wajib atas kalian semua untuk jujur, karena jujur akan membimbing kepada kebaikan, dan kebaikan akan membimbing ke syurga. Seseorang senantiasa berbuat jujur dan memilih kejujuran sehingga dia ditulis disisi Alloh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian dusta, kerena dusta akan membawa kepada keburukan, dan keburukan akan menyeret ke neraka. Seseorang hamba senantiasa berdusta, dan dia memilih kedustaan, sehingga ditulis disisi Alloh sebagai pendusta.” (HR. Bukhori dan Muslim)
Friend..
Hati-hati dengan mereka yang belum memiliki sifat jujur pasalnya, nggak sedikit lho keluarga yang hancur berantakan lantaran nggak ada yang mau jujur. (hayo, nggak mau kan?) So, jujur itu penting banget, baik pada diri sendiri dan orang lain.

11. Lemah lembut dan lapang dada
Friend..
Karakteristik ini udah pasti dimiliki oleh cowok ideal, setiap berkata dan bertindak ia pikirkan terlebih dahulu, khawatir ia akan menyakiti orang lain. Cowok ideal bicaranya nggak kasar, ia juga nggak menampilkan sosok yang dominasi, tidak mau kalah dalam segala hal, kecuali hal-hal yang prinsip.
Alloh menyukai orang yang bersikap lemah lembut, karena Alloh Maha Lembut. Alloh berfirman :
“Alloh Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (Asy-Syuro :19)
Friend..
Sikap lemah lembut ini juga harus dimiliki jika kamu berumah tangga nanti. Kenapa begitu? Coba deh, kalo kita mengingat kembali awal penciptaan manusia pertama, Nabi Adam. Jika Adam dijadikan daripada inti sari pati tanah, tetapi Hawa tidak, Hawa dijadikan dari tulang rusuk Nabi Adam. Mereka pun disatukan, meskipun asal-usul kejadian yang berbeda. Hikmahnya jelas bahwa Alloh menciptakan Hawa karena hakikatnya adalah rohaniyah, perasaan dan secara fisik mereka seolah-olah satu jasad yang sama. Maka dari itu, kenapa perasaan wanita lebih sensitif dan mudah hanyut dalam arus kemarahan.
Hafsah, istri Rosululloh pernah berpaling semalaman dari Beliau. Umar (Bapaknya Hafsah) memarahi putrinya yang berani berpaling dari Rosululloh. Umpatan Umar tersebut disampaikan oleh Rosululloh, bagaimana tanggapan Rosululloh? Beliau tidak ikut marah, melainkan tersenyum. Subhanalloh, Rosululloh mau menerima fitrah manusiawi wanita dengan sikap lapang dada. Rosululloh tahu bagaimana menyelami lubuk jiwa istrinya dengan bijak dan lemah lembut.

12. Penyabar dan istiqomah
Friend..
Cowok ideal selalu berpakaian sabar dan istiqomah. Sabar terhadap perintah dan larangan Alloh dan Rosul-Nya. Karena hanya dengan sabar dan istiqomah, yang akan menyelamatkan manusia dari kesesatan dunia dan azab di akhirat.
Dari Abu Yahya (Suhaib) bin Sinan Ar Rumy RA. Rosululloh bersabda :
“Sangat mengangumkan keadaan seorang mu’min, sebab segala keadaannya ia untuk ia sangat baik, dan ini hanya didapatkan pada orang yang beriman saja. Jika mendapatkan nikmat ia bersyukur, maka syukur itu merupakan kebaikan baginya, dan bila menderita kesusahan ia sabar, maka kesabaran itu merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim)
Alloh berfirman :
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Alloh", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (Al Ahqof : 13-14)

Rabu, 16 Juli 2008

Liputan6

Berita dari Detik

Senin, 14 Juli 2008

STATUS JOMBLO

Jombloer’s don’t cry..
Gimana nggak panas, ngeliat temen gandeng pacarnya, kita malah gandeng nenek-nenek bantuin nyebrang. Apa nggak keki, temen kita berbalas tatapan dengan sang doi, kita malah berpandangan mesra dengan ikan mas koki. Sampe akhirnya temen kita kissing dengan si yayang, kita masih juga kissing sama si guling (oh God, help me..)...


Belom lagi, ledekan dari orang-orang yang kian datang tiada henti silih berganti, sampe temen-temen arisan mama kamu juga ikut cengengesan waktu dia tanya, “Belom punya pacar juga, ya?”. trus kamu jawab dengan muka pasrah, “Belom Tante.”. Duh, kesannya kamu nggak laku-laku. (gimana dong?)
Friend..
Wajar kalo sedikit-dikit ada rasa sedih, kesel, sebel, kumel (dampaknya gitu lo..) bahkan, muncul rasa lain yang menyudutkan pertanyaan yang mengharukan berikut ini :
“Duh, kayanya cuma gue aja deh yang nggak bahagia.” (Hu..hu…)
“Kenapa sih, kok sampe sekarang gue nggak laku-laku.” (Hu..hu..)
“Emang segitu beratnya ya, pengorbanan ngedapetin cinta.” (Hu..hu..)
Friend..
Jangan pesimis gitu dong, justru kita harus bangga. Pak Warsito aja bangga, dengan gelar Doktornya. Pak Amir bangga, dengan gelar sarjananya. Pak Imam juga bangga, dengan pangkat jendralnya. Lantas, kenapa kita nggak bangga, dengan status kita sebagai jomblo? (lho, kok? Apa hubungannya?)
Jombloer’s..
Congratulation on your success..! Bukan hal yang mudah lho, untuk terus berpegang teguh pada status terberat, jomblo. Nggak usah minder, apalagi berduka. Sampe akhirnya meratapi nasib bertapa di gunung salak, nggak nafsu makan dan nggak mau mandi (ih, jamuran).
Friend..
Nggak sulit buat kamu ngedapetin ujian di masa muda. Buktinya, kamu bisa menahan magnet tarik-menarik pada lawan jenis. Ibarat perlombaan lari, kamu nggak nyasar kemana-mana, apalagi sampe nyusruk kecebur sumur. Sekali lagi, selamat ya!

High Quality Jomblo
Friend..
Menyandang status jomblo, bukan berarti nggak berani ekstrim dalam hal-hal yang positif. Tunjukin dong, kalo kamu jombo yang berkualitas. Buang jauh rasa ragu dan malu, melangkah maju dan terus maju (chayoo..!!) coba deh, kamu isi status jomblo kamu dengan hal-hal berikut ini :

1. Ciptakan suasana baru
Berani merubah sesuatu adalah menghasilkan hal yang baru dan merangsang kita untuk lebih kreatif. Misalnya, dari zaman dulu (dari usia prasekolah), suasana kamar kita begitu-gitu aja. Kenapa nggak dari sekarang, kita ciptakan suasana baru yang beda. Bisa dengan merubah posisi tempat tidur, letak meja belajar, wajah-wajah Mickey mouse and the genk, Casper and the genk atau Dora explore, bisa kita ganti dengan poster-poster para tokoh hebat dunia (bukan yang porno). Oke juga tuh, kalo menghias kamar dengan lukisan dinding, atau buat mading kamar yang berisi pengalaman unik, cerita lucu, kata-kata bijak, moto hidup dan foto-foto waktu dulu juga sekarang.
Kamar itu kan cerminan pribadi kita, jadi expresiin dong pribadi kita lewat suasana kamar yang bertemakan ‘gue banget, gitu loks’. Suasana kamar yang baru juga nggak akan membuat kita bete. Kita malah akan merasa nyaman dan puas dengan adanya diri kita.

2. Coba kegiatan baru
Nggak bisa? Ya wajar dong, namanya juga hal yang baru. Tapi kalo kita berani mencoba, kita jadi bisa dan dewasa. Misalnya ada teman yang ngajak gabung jadi anggota teater, atau ikut olahraga beladiri bisa juga ngajak kegiatan yang lain. Asal itu positif, ikut aja lagi. Siapa tau lewat kegiatan itu, muncul bakat terpendam. Sesuatu yang tidak kita sukai belum tentu tidak baik, begitupun sebaliknya. Untuk tau, nggak ada salahnya kalo kita coba. Experience is the best teacher.

3. Ceria lewat silaturrahmi
Masih inget nggak sama temen-temen di SD, SMP atau SMA? Coba deh, kontak mereka buat ngadain reuni. Pastinya seru, berbagi cerita dan pengalaman. Kita juga bisa main ke rumah temen-temen, bukan hanya sekedar refreshing, jalan-jalan, makan-makan, tapi juga bertukar informasi dan berbagi pengetahuan. Selain bisa menjalin tali silaturrahmi, kita juga bisa belajar dari kedisiplinan yang ada dirumah teman kita, baik dari segi ibadah, kebersihan, atau hal yang lain.

4. Tambah ilmu, tambah tahu
Mumpung masih muda, jangan males buat cari ilmu. Walaupun perintah menuntut ilmu itu dari buaian sampai liang lahat. Bukan berarti kita masih punya banyak waktu, lantas menunda-nunda. Sebentar-bentar kita ngomong, “Nanti aja kale, masih muda ini.” (Jangan sampe deh, nggak banget!) Wake up, justru ditangan pemuda itulah ada kemajuan bangsa. Kalo yang muda aja letoy, alias ogah-ogahan dalam menuntut ilmu, gimana nasib bangsa dan negara?
Apalagi yang namanya ilmu agama, hak patennya bukan hanya berlaku di dunia aja, tapi juga di akhirat. Ditambah lagi, ilmu agama merupakan tiket dunia-akhirat yang dijamin keberhasilannya (keren kan?).
Rosululloh bersabda :
“bagi tiap-tiap sesuatu ada jalan, dan jalan ke syurga adalah ilmu.” (HR. Dailami)
Gimana cara ngedapetin ilmu? Pastinya dengan belajar dong. Contohnya, ada kegiatan ta’lim (pengajian) untuk remaja. Nah, nggak usah malu-malu buat ikutan. “Enggak enak ah, malu.”, “Enggak ah, nggak bisa.” Tenang friend, komentar itu pasti bakalan lewat, kalo kamu udah ngejalaninnya. Oke deh, selamat belajat ya.

5. Punya tabungan akhirat
Hadits Rosululloh :
“ sebaik-baik ditantara kalian, adalah belajar Al Quran kemudian mengajarkan.” (HR. Bukhori)
Friend, semua ilmu yang ada dilangit dan dibumi adalah milik Alloh. Setiap orang pasti punya keahlian atau kebiasaan yang merupakan anugrah dari Alloh SWT. Dari pada dipendam sendiri, lebih baik kita berbagi. Ingat lho, sebaik baiknya manusia, adalah yang membawa manfaat untuk orang lain. Contohnya, untuk urusan matematika, kamu adalah jagonya. Sementara itu disekitar rumah kamu, anak-anak SD lagi pusing mikirin rumus matematika buat ngedepin UAS. Ada baiknya ilmu yang kita punya kita salurkan ke mereka. Bisa menjadi sukarelawan, mengajar privat, atau buka bimbel. Selain membawa rejeki, juga menjadi ladang amal, tabungan kita di akhirat. (Ayo jombloer’s.. tunggu apalagi?)

Jangan mau jadi jojoba
Jadi jombo emang asik, tapi jangan saking asyiknya kemudian tertancap niat untuk jadi jomblo selamanya (duh, nge-nes banget). Kalo pelajar jomblo, wajar. Namanya juga konsentrasi buat bekal masa depan, mengejar cita-cita. Tapi kalo masa depan atau cita-cita udah diraih, buruan friend, tinggalkan segera planet jomblo. (jangan jadi bujang lapuk)
Friend..
Buat umur yang masih kepala satu, masih bisa tenang dengan gelar JOJOBA-nya. Harap-harap cemas, bagi jombloer’s yang berkepala dua. Bagi yang kepala tiga dan empat, sepatutnya anda cemas dan selamat menjadi nenek moyang di planet jombo.
Jombloer’s..
Jangan malu buat nge-browse planet yang lain. Coba deh, datang ke planet bumi. Disana, jumlah penghuninya bejibun, banyak banget. Jadi nggak ada alasan untuk nggak saling kenal-mengenal antara satu dan yang lain.
Jombloer’s..
Rosululloh paling nggak suka dengan pemuda yang hidupnya membujang. Mau tahu gimana kisah Bang Ukaf, si jomblo berkualitas yang dapet teguran langsung dari Rosululloh.
Diriwayatkan oleh Ibnu Atsir dan Ibnu Majjah tentang seorang pemuda yang keren, ganteng, plus tajir. Pemuda itu bernama Ukaf bin Wida’ahal Hilali. Kalo boleh jujur, Bang Ukaf ini belom siap nikah. Tapi nggak tau kenapa, doi masih setia dengan statusnya sebagai jomblo alias bujangan. Akhirnya, Rosululloh turun tangan dateng ke rumahnya.
Rosululloh SAW : “Ukaf, ente ini udah punya istri, ape belom?”
Bang Ukaf : “Ya Rosul, ane kan masih bujang. Jelas belom, dong.”
Rosululloh SAW : “Ente punya pembantu perempuan, nggak?”
Bang Ukaf : “Ane nggak punya.”
Rosululloh SAW : “Ente sehat kan?” (Bang Ukaf mengangguk).
“ Ente juga mampu kan?” (Bang Ukaf ngangguk lagi).
Bang Ukaf : “Betul benget, ya Rosul.”
Rosululloh SAW : “Kalo begitu, ente termasuk temennye syetan dan pendeta nasrani. Artinye, ente masuk ke dalam golongan mereka. Makanye, kalo ente termasuk golongan kami, berlakulah ente seperti kebiasaan golongan kami. Kebiasaan golongan kami adalah menikah dan beristri. Karena orang yang paling buruk itu, adalah orang yang membujang. Dan yang paling hina adalah bujangan.”
Friend..
Kok sampe segitu hinanya ya? Ya karena pada dasarnya semua yang membujang sudah mampu menikah, tapi nggak nikah-nikah juga. Ini sih bukan masalah jodoh yang belom datang, melainkan belum ada keinginan untuk menikah. Khawatir nanti malah susah ngendaliin hawa nafsunya, jalan amannya adalah menikah.
Friend..
Menikah, jangan dibuat susah. Baiknya, sekarang kita serempak teriakan bersama-sama pada planet jomblo :
“PLANET JOMBLO…!!! AKU AKAN PERSIAPKAN LAHIR BATIN MENUJU PERNIKAHAN. GOOD BYEEEE….!!!”.

Rabu, 09 Juli 2008

Majalah Hidayah

HidayahAlbum




Link

Koleksi majalah hidayah

Rabu, 02 Juli 2008

Profile

Nama lengkapnya Lulu Susanti, lahir di Bogor 3 April 1986. Anak kedua dari dua bersaudara pasangan Titing Marga dan Tetty Susana mempunyai hobi menulis, melukis dan karate.

Lulus MI. Darul Falah I, melanjutkan pendidikan SMP dan SMA di Ponpes Modern Daaruttaqwa Cibinong Bogor. Karena cintanya terhadap anak-anak usia prasekolah, usai mengemban ilmu di dunia santri selama enam tahun, Lulu meneruskan pendidikan kuliah D2-PGTK. Nurul Fikri di Kelapa Dua Depok (2003-2005).

Kemudian melanjutkan kuliah di BP SDM Citra Sinematografi Rasuna Said, Jakarta. Sesuai dengan bakat aktingnya Lulu bergabung dalam sebuah agency dan rasa ingin tahunya terhadap sinetron membuatnya mencoba mengikuti casting diberbagai PH, pengalaman aktingnya bertambah ketika ia diberi kepercayaan untuk bermain peran dalam beberapa sinetron dan lenong dakwah betawi.

Semenjak kecil, Lulu senang mengikuti berbagai perlombaan sehingga prestasinya patut dibanggakan. Antara lain, menjuarai lomba pidato bahasa Indonesia dan Arab se-JABOTABEK (Sejak th. 1998-2002), Menjuarai pertandingan Karate Kata perorangan puteri se-JABOTABEK (Sejak th. 2004-2005), Penulis tugas akhir terbaik D2-PGTK NuruL Fikri dan Finalis lomba mendongeng di JACC Jakarta.

Selain mengajar TK, Lulu juga mengajar ngaji dan membina pramuka Siaga di SDN. Beji 1 Depok (th. 2005) Ia kembali memberanikan diri dalam dunia broadcast, menjadi penyiar radio di Panda FM, Depok (2006) serta terus menggali ilmu dan pengetahuannya dengan mengikuti berbagai seminar dan kursus.

Disela waktu aktifitas yang padat, Lulu mengikuti audisi Da’iah TPI 2006 hingga akhirnya terpilih sebagai 10 besar Finalis Da’iah TPI yang kental dengan logat betawinya. Kegiatan barunya kembali bertambah, ia menjadi reporter life style program acara islami ‘Poko’e Alhamdulillah’ (th.2006) dan menjadi bagian dari program acara religi yang dipandu oleh Da’i dan Da’iah TPI ‘Duet Tausyiah’ yang ditayangkan setiap hari jam 05.00 pagi (sejak th. 2007-2008). Sekarang lewat program acara Taman Hati, Lulu bersama Ummi Qurrota ‘Ayunin bersama membahas tentang kajian keislaman setiap kamis dan Jum’at jam 04.30-06.00 wib di MNCtv.

Dengan bekal yang didapat di dunia pesantren dan menjuarai berbagai lomba pidato bahasa Indonesia dan Arab, serta terpilihnya menjadi duta dakwah TPI, Lulu akhirnya memutuskan untuk aktif secara total dalam berdakwah baik dalam lisan dan tulisan. Lulu berdakwah di berbagai tempat, didalam (JABOTABEK) luar daerah (Bangka, Ngawi, Papua, Lampung, Kalimantan dan Medan) dan Luar Negeri, Brunei Daarussalam.

Setelah menamatkan pendidikan S1 fakultas Tarbiyah di Institut Agama Islam Al Aqidah Jakarta, Lulu melanjutkan pendidikan S2 di IPTIQ. Lebak Bulus Jakarta. Jurusan Agama Islam konsentrasi Ilmu Tafsir (2009-Sekarang).

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)