Sabtu, 18 Oktober 2008

Indahnya Silaturrahmi

Sahabat..

Kenapa sih dalam Islam ada istilah silaturrahmi? Emang penting banget ya? Trus apa sih, kebaikan yang terkandung dalam silaturrahmi?



Silah artinya hubungan, sedangkan rahim artinya kekeluargaan (belas kasih / sayang) jadi silaturrahmi adalah hubungan kekeluargaan. Insya Alloh lewat silaturrahmi dapat melapangkan rezeki dan memanjangkan umur. Sabda Rosululloh SAW :

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menghubungkan tali silaturrahimnya.”

Menurut Imam Abdul Laits ada 7 perkara terpuji yang terkandung dalam silaturrahmi :

1. Mendapatkan Ridho dari Alloh SWT. Alloh berfirma dalam QS. Al Imron : 103 yang artinya : “Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali Alloh dan janganlah kamu bercerai berai..” Jelaskan, kalau Alloh menyuruh kita supaya mempererat hubungan kekeluargaan, silaturrahmi.

2. Dengan silaturrahmi kita telah menggembirakan orang lain. Apalagi kalau sudah lama nggak ketemu, dari silaturrahmi cerita zaman dahulu pasti akan jadi topik yang menarik, karena di dalam pembicaraannya ada rasa kangen dan bahagia. Padahal hanya lewat silaturrahmi, kita sudah melakukan perbuatan yang afdhol (utama) yakni menggembirakan hati orang lain.

3. Menggembirakan para Malaikat. Mereka, para malaikat Alloh senang dengan orang yang senang silaturrahmi.

4. Menambah kegelisahan Iblis. Karena iblis paling nggak suka kalo manusia mendapat pahala, kebaikan dan ridho dari Alloh SWT. Kenapa begitu ya? Itulah iblis yang sudah membuat perjanjian bahwa akan mengajak manusia dengan cara apapun dan bagaimanapun untuk ikut bergabung mendapatkan tiket neraka. Salah satunya, mengajak manusia untuk tidak senang dengan silaturrahmi. Ayo mau bikin iblis gelisah lantaran sulit cari teman, atau sebaliknya buat iblis jejingkrakan kegirangan karena banyak pengikutnya?? Ih, serem..

5. Menambah umur dan rezeki. Contohnya saja, semakin gemar silaturrahmi maka semakin luas pergaulan. Ketika datang masa-masa sulit, susah cari lapangan kerja, sulit cari info kuliah yang teowpe atau sulit cari jodoh, gampang mengatasinya, langsung aja hubungi saudara, handai dan tolan saling sharing bareng dan yakin deh, nggak bakal canggung lantaran sebelumnya sering menjalin silaturrahmi. Karena dengan silaturrahmi dapat menumbuhkan kasih sayang, saudara dan teman-teman pastinya nggak mau membiarkan kita hanyut dalam permasalahan yang tak kunjung sirna.

6. Silaturrahmi mendatangkan kegembiraan bagi para penghuni kubur. Karena mereka senang dengan silaturrahmi adanya salam dan doa.

7. Menambah pahala amal sesudah dia meninggal. Maut menjadi salah satu perkara yang dirahasiakan oleh Alloh SWT. Kapan malaikat pencabut nyawa akan datang menjemput kita, hanya Alloh yang Maha Tahu. Andai saja manusia tahu kapan tiba ajalnya (seperti lirik lagu band ungu) pasti manusia lebih marak memenuhi majlis ilmu dan zikir, kebanding pergi ke mall atau clubbing. Pepatah mengatakan, Gajah mati meninggalkan gadingnya. Manusia meninggalkan namanya. Bagaimana nama kita akan dikenang oleh orang lain, sedangkan silaturrahmi saja tidak pernah.

Sahabat…

Bukankah kita ingin mendapatkan kebaikan dari silaturrahmi? Maka mulailah dari sekarang.




2 komentar:

  1. Benar-benar ulasan yang sangat menarik. Wah, harus sering-sering mampir di kediaman Daiah Lulu TPI nih. Semoga Rembulan selalu mendapat pencerahan. Amien... Terima kasih Ustdh.

    BalasHapus
  2. sahabatku, ukhti Fina : alhamdulillah senang juga bisa berkunjung di web saya, terimaksih ya :) amin ya Robbal 'Alamin.. salam fastabiqul khoirot :)

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)