Senin, 08 September 2008

Kita Puasa, Kita Sehat

Segala puji bagi Alloh yang telah menjadikan bulan Romadhan, bulan yang indah dan penuh berkah. Subhanalloh, berlapar-laparnya orang beriman di bulan Romadhan, menahan rasa lapar dan haus ternyata tersirat hikmah yang besar khususnya bagi kesehatan jasmani.

Friend..

Salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting untuk mempertahankan kehidupan adalah makan. Iya kan? secara gitu lho, manusia memiliki jasmani yang butuh energi untuk bergerak. Tapi inget lho, kalo hidup bukan untuk makan, melainkan makan untuk hidup. Jadi kaya lagu slank ‘Makan nggak makan asal kumpul’. Kumpul dalam kebaikan dan kebenaran. (tambahan-nya).

Friend..

Ada 3 tingkatan makanan yang dikonsumsi manusia :

  1. Tingkatan Haajat yakni makanan yang dibutuhkan. Yang ini hanya sebatas untuk menegakan tulang punggung.
  2. Tingkatan Kifayah yakni makanan ukuran kecukupan. Yang ini makanan yang mengisi perut 1/3 perut (makanan dan pernafasan)
  3. Tingkatan Fudlah yakni makanan yang berlebihan. Yang ini makanan yang mengisi perut lebih dari sepertiganya. Ini dia yang mengakibatkan gangguan pencernaan dan pernafasan.

Friend..

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan. Lambung ini juga merupakan sarang penyakit. Jadi ketika lambung difungsikan melampaui dan hilang kemampuan kita untuk menguasai diri, melahap apa saja yang ditemui (makan minum sepuasnnya diatas kapasitas alat pencernaan) maka penyakitlah yang akan timbul. Namanya juga kebanyakan, berlebihan, kelewat batas yang akibatnnya nggak baik buat kesehatan. Misalnnya aja makan daging kambing berlebihan, akan mengakibatkan hipertensi, peningkatan kolesterol, penyempitan pembuluh darah dan serangan jantung. Juga kalo kita makan dan minum yang manis-manis, mengandung kadar gula yang tinggi, kita konsumsi secara berlebihan ini sama saja kita mengundang sang penyakit datang, kencing manis atau diabetes.

Friend..

Nggak mau kan, lambung kita menjadi korban yang mengenaskan? Makannya friend, makan dan minum jangan berlebihan sebab peran lambung dalam organ tubuh kita itu sangat vital. Kalo pencernaan kita sakit, otomatis tubuh kita akan sakit.

Rosululloh bersabda :

“Lambung (perut) adalah kolam tubuh. Urat-urat seluruhnya bermuara padanya. karena itu jika lambung sehat, maka urat-urat akan tumbuh sehat. Jika lambung sakit, maka urat-urat akan tumbuh sakit. (HR. Thabrani)

Friend..

Perut adalah penyakat yang terbanyak diderita orang-orang dari segala macam penyakit. Perut ibarat stasiun. Banyaknya makanan dan minuman yang tersimpan maka akan menimbulkan efek yang tidak baik.

Dengan pengendalian diri terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah cara yang tepat. Mau tahu gimana Rosululloh SAW sangat menjaga apa-apa yang dikonsumsinya. Beliau yang mulia makan makanan yang halal dan toyib. Beliau makan dengan tiga jari dan setelah makan beliau mengisap atau mebersihkan jarinnya. Dalam Al Quran Alloh SWT berfirman, sebagai pengingat untuk kita manusia :

“Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al ‘Arof : 31)

Friend..

Ada seorang Dokter yang terkenal pada masa Rosululloh, namanya Al Haris bin Kaidah. Ia ditanya apakah esensi obat itu? Al Haris menjawab, “Melakukan diet dengan tepat.” Memberikan ungkapan yang dikenal dengan ilmu kedokteran hingga kini “Lambung adalah rumah penyakit dan diet (berpantangan) adalah pangkal segala obat.”

Variasi makanan boleh asalkan jangan terlalu berlebihan ya..

Friend..

Disini letak pentingnnya ajaram berpuasa, shoum di bulan Ramadhan merupakan salah satu upaya pelatihan diri dari pola makanan yang melampaui batas berlebihan. Dalam tubuh manusia ada sampah Fesses (tinja), urine, pencernaan. Contohnya bahaya sembelit akibat penumpukan sisa-sisa makanan diusus, yang menyebabkan tinja (sisa-sisa makanan yang diserap oleh tubuh dengan puasa berarti membatasi suplay makanan yang masuk, menghindari penumpukan racun, kotoran sehingga tubuh bersih dari racun, kotoran dan ampas.

Friend..

Seorang Dokter ahli bedah & psikiater di Amerika, Dr. Alexis Karl mengatakan : “Sesungguhnya makan banyak dan berlebihan dapat merusak fungsi makan. Padahal besar sekali fungsi makanan bagi kelangsungan hidup manusia, oleh karena itu pelu adanya pengaturan makanan. Karena itu diharuskannya berpuasa selama beberapa waktu.”

Friend..

Memang sih, puasa satu hari saja badan kayanya perut udah bersenandungkan lagu lapar alias minta asupan. Belum lagi ini berakibat juga pada gangguan fisik kita misalnnya, badan jadi 3 L, lemah, letih, lesu. Tapi dibandingkan itu semua, jauuuuhhh lebih banyak faedahnya. (u-nya banyak berarti banyak banget lho faedahnnya) daripada hanya sekedar lemah fisik.

Apa aja faedahnya? Antara lain : menormalkan denyut jantung, membakar lemak, memfungsikan cadangan protein, mengurangi intensitas kerja hati, sehingga melestarikan kesaimbangan organ-organ dalam dan kesehatan jantung. Puasa juga berfungsi membersihkan dan mengukuhkan jalinan seluruh syaraf yang ada dalam tubuh kita.

So, what do you think about healt? Puasa kita bikin jasmani sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)