Kamis, 17 Juli 2008

Cowok ideal

Friend..
Kalo kita buka lagi Al Quran (Al Hijr : 26) disana menceritakan bagaimana Alloh menciptakan manusia pertama (Adam) dari tanah yang kering dan dari lumpur yang hitam. Penciptaan manusia yang sebaik-baiknya dan menjadikannya begitu mulia, itu sebabnya kenapa Alloh menyuruh semua makhluk lain termasuk para malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Adam.......

Bukan hanya itu, Alloh juga memberi amanah yang besar kepada lelaki yakni menjadi kholifah (pemimpin) di muka bumi. Kamu adalah kaum Adam. Kaum yang diberi tanggung jawab oleh Alloh untuk memimpin bumi (bravo, bro..!).
Friend..
Budaya kita mengidentifikasikan cowok dengan makhluk yang kuat, berani, pantang menyerah dan tegar. Buku yang ditulis oleh John Gray dalam Mars and Venus in love, disana dikatakan bahwa cowok punya gua yang sulit di tembus, seakan-akan lebih tegar dalam menghadapi masalah (Yup, itu lah cowok). Terlepas dari itu, pastinya setiap cowok punya keinginan untuk menjadi sosok cowok yang ideal. Kaya gimana kriterianya, kita bakal jelasin.
So, kalo kriteria kamu ada dibawah ini, “Selamat!” Berarti kamu udah masuk ke dalam daftar buku catatan si Boy. Ups, maksudnya daftar cowok ideal planet bumi. Tapi kalo belum, Boy don’t cry. Siapa tau kamu bisa jadi the next indonesian cowok ideal yang jadi idol. Syaratnya mudah, asal kamu ada kemauan dan mau berjuang pasti bisa kok. Who want’s to be, mari langsung aja kita lihat, apa aja sih kriterianya.

1. Mencintai Alloh dan Rosul-Nya
Friend..
Cinta adalah sifat khas bagi yang hidup dan berperasaan. Setiap yang mencintai pasti rela berkorban jiwa dan raga untuk yang dicintai. Seorang hamba yang mencintai Alloh SWT dan Rosul-Nya. Ia tidak akan berat untuk melakukan apapun yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang Alloh dan Rosul-Nya. Hatinya akan resah bila ia jauh dari yang Sang Pecinta, kerinduannya yang besar senantiasa mengejar dan terus mengejar untuk menggapai cinta yang hakiki.
Friend..
Cowok ideal bukan hanya mendapat KTP sebagai seorang muslim, tapi ia juga menjadi seorang mu’min, yang besar cintanya pada Alloh dan Rosul. Karena ia tahu, bahwa hanya Alloh yang serba Maha yang memberi cahaya kehidupannya. Alloh berfirman :
“…Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Alloh.” (Al Baqoroh : 165)
“Katakanlah: "Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Alloh dan Rosul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Alloh mendatangkan keputusan-Nya." Dan Alloh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.” (At Taubah : 24)
Friend..
Semoga kita senantiasa menempatkan cinta pada Alloh dan Rosul diatas segalanya.

2. Berbakti pada kedua orang tua
Friend..
Dalam Ayat Al Quran ada 3 ayat yang berpasang-pasangan. Namanya berpasangan otomatis dong, nggak bisa dipisahin. Sebagai berikut :
1. Taat pada Alloh dan taat pada Rosul (QS. Al Maidah : 92)
2. Dirikan Sholat dan tunaikan zakat (QS. An Nur : 56)
3. Syukur pada Alloh dan kedua orang tua (QS. Lukman : 14)
Friend..
Cowok ideal adalah cowok yang berbakti pada kedua orang tuanya, karena itu merupakan wujud syukurnya pada Alloh SWT. Ia tahu bahwa Ibu dan Ayahnya adalah insan yang teramat berharga dalam hidupnya. Ibu yang begitu mulia, sehingga insan termulia (Rosululloh SAW) menyebut nama ‘ibu’ tiga kali dan menaruh syurga di telapak kakinya. Ia tahu pengorbanan ibu yang mengandung, melahirkan, menyusui dan mendidiknya dengan cinta. Begitupun dengan Ayah, yang menjadi teman dan tauladan yang baik dan semangat dalam mencari nafkah.
Cowok ideal selalu menghadirkan senyuman di bibir kedua orang tuanya, menjadi kebanggaan bagi mereka. Ia akan berusaha untuk terus membahagiakan kedua orang tuanya, menjaga, dan mendoakan mereka dalam setiap sujudnya. Karena ia tahu, baktinya merupakan warisan terindah untuk anak-anaknya kelak. Sebagaimana Rosul bersabda :
“Berbaktilah kalian kepada orang tua kalian, niscaya mereka (anak-anak kalian) akan berbakti kepada kalian.”

3. Pemimpin yang baik
Friend..
Cowok ideal selalu meneladani Rosululloh SAW, termasuk dalam hal ini, kepemimpinan. Rosululloh sosok pemimpin yang ideal, di tangan beliau ada 2 macam kekuasaan yaitu kekuasaan keagamaan dan kekuasaan keduniaan. Meskipun begitu, Rosululloh tidak ingin dirinya dihormati dan ditakuti. Rosululloh menjadi sosok pemimpin yang disayangi, karena sikap Rosul yang ikhlas, senang membantu, pemaaf dan rendah hati pada para sahabat, keluarga, kerabat dan masyarakat.
Friend..
Ingat lho, Kepemimpinan menurut islam bukan yang punya tipe angkuh dan memerintah sekehendak hati. Kemimpinan dalam ajaran islam ialah sebagaimana yang telah disabdakan Rosululloh SAW :
“Sesungguhnya aku ini bagi kamu, adalah ibarat bapak dengan anaknya.”
Friend..
Alhamdulillah, Contoh leadership yang baik bukan hanya ada pada diri Rosululloh, tetapi juga para sahabat. Semoga Alloh memudahkan kita untuk mengikuti jejak Rosululloh, menjadi pemimpin yang baik untuk diri sendiri, keluarga, bangsa dan agama.

4. Menjadi Ayah idola
Friend..
Semoga doa ini senantiasa kita panjatkan pada Robbi
“Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penghibur hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Al Furqan : 74)
Friend..
Tentunya kita tau, apa yang Lukman ajarkan kepada anaknya. Ia tidak memanjakan anaknya dengan harta yang serba ada, namun Lukman mengajarkan hikmah, kebaikan. Sebagaimana tertulis dalam Al-Qur’an :
“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Alloh) adalah kezaliman yang besar.” (QS. Lukman : 13)
Friend..
Banyak lagi ajaran dan didikan yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya yang meliputi bidang akidah, ibadah, kemasyarakatan dan sebagainya. Antara lain:
1. Mendirikan ibadah shalat.
2. Menyeru manusia berbuat kebaikan dan mencegah dari berbuat kemungkaran.
3. Bersabar ketika berhadapan dengan ujian hidup.
4. Mengimani setiap yang baik pasti ada balasannya, begitu juga sebaliknya.
5. Tidak sombong terhadap orang lain.
6. Merendah diri.
7. Hidup secara sederhana.
8. Tidak meninggikan suara kepada orang lain.
Friend..
Jadilah Ayah yang diidolakan oleh anggota keluarganya. Menjadikan keluarga yang islami, penuh kebaikan dan keselamatan. Ayah idola akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anaknya, sehingga kelak anak-anaknya akan tumbuh dan memberikan warna terindah pada dunia.

5. Memelihara kesehatan dan kebersihan
Friend..
Untuk urusan kebersihan dan kesehatan, cowok ideal sangat menjaganya. Sebagaimana Rosululloh senantiasa memelihara kesehatan dan kebersihan, misalnya Rosul selalu bangun sebelum subuh, aktif menjaga kebersihan, tidak banyak makan, berolah raga, gemar berjalan kaki dan tidak marah-marah.
Friend..
Berkenaan dengan kesehatan, cowok ideal nggak ngerokok lho. Karena dia paham betul kalo merokok dapat menimbulkan dampak yang serius terhadap kesehatan dan rokok merupakan gerbang perkenalan dengan yang haram, narkoba. Didalam rokok juga ada bahan kimia yang paling berbahaya, terutama nikotin, tar, hidrokarbon, karbon monoksida, dan logam berat dalam asap rokok. Parahnya lagi, rokok berdampak pada kesehatan manusia bukan hanya bagi perokok aktif, tapi juga perokok pasif (makanya, hati-hati jadi korban asap rokok).
Friend..
Pastinya kepingin dong jadi hamba yang dicintai Alloh, maka periharalah kesehatan dan kebersihan. Sesuai dengan firman Alloh SWT :
“Sesungguhnya Alloh mencintai orang yang taubat dan orang-orang yang membersihkan diri.” (Al Baqoroh : 222)
Rosululloh bersabda :
“Mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Alloh dari pada mu’min yang lemah.” (HR. Muslim)

6. Tolabul ilmi / menuntut ilmu
Friend..
Kriteria cowok ideal adalah gemar menuntut ilmu. Ibarat padi semakin berisi semakin merunduk, cowok idel juga nggak merasa dirinya ‘lebih hebat dari orang lain’. Ia tidak merasa puas dengan ilmu yang didapat, justru semakin ia menggalinya ia semakin merasa dirinya jahil (bodoh).
Ilmu bukan hanya bekal hidup di dunia, tapi juga bekal di akhirat. Cowok ideal tidak hanya menginginkan kesuksesan di bumi, tapi ia pun ingin sukses di akhirat.
Friend..
Cowok ideal bertindak berdasarkan ilmu, bukan sekehendak hatinya. Misalnya sebelum menikah, ia sudah lebih dulu mengkaji ilmu tafsir, hadits, buku-buku ilmiah tentang pernikahan yang kelak akan menjadi bekal dalam membina rumah tangganya. Jadi nggak instan lho, tapi ada proses pembelajarannya juga.
Bagi orang yang berilmu, Alloh akan meinggikan derajatnya. Dan Rosululloh menjadikan ilmu yang bermanfaat (diamalkan) sebagai pahala yang terus mengalir.
Alloh berfirman :
“...Niscaya Alloh akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al Mujadilah : 11)
Rosululloh bersabda :
“Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amal ibadahnya kecuali 3 perkara :
1. Shodaqoh
2. Ilmu yang bermanfaat
3. Anak sholeh yang mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim)

7. Memiliki teman-teman yang sholeh
Friend..
Sebenernya untuk mengenal seseorang nggak perlu berbulan-bulan, apalagi sampai bertahun-tahun. Cukup dengan melihat ‘siapa temannya’ kita sudah bisa tau ‘seperti apa dia’. Kalo kita berteman dengan tukang penjual minyak tanah, kita pun akan terkena baunya. Atau sama halnya jika kita bersahabat dengan tukang minyak wangi, otomatis kita terkena wanginya. Berteman pun begitu, Insya Alloh kalo kita mempunyai teman-teman yang sholeh, kita senantiasa gemar dan termotivasi untuk beramal sholeh, begitupun sebaliknya.
Friend..
Pepatah arab mengatakan, “Temanmu adalah yang membuatmu menangis, bukan membuatmu tertawa”. Karena teman yang baik bukan yang menjerumuskan kita dalam jurang nista, mengajak kita hura-hura menikmati kesenangan dunia yang hanya sesaat. Tapi teman yang baik senantiasa mengajak kita agar menuju cita-cita mulia, masa depan yang gemilang yakni syurga.
Beruntunglah, jika memiliki teman-teman yang sholeh..

8. Lelaki sejati
Friend..
Kayanya nggak banget deh, kalo cowok ideal itu nggak jelas identitasnya. Secara gitu lho, banyak para cowok yang ngeblur (nggak jelas) dalam memperkenalkan dirinya. Kenapa-nya nggak usah ditanya, itu urusan pribadi masing-masing. Yang herannya lagi, para ‘cowok ngeblur identitas’ itu, mendapat izin resmi untuk menetap di bumi pertiwi (mungkin ini yang disebut kiamat sudah dekat).
Friend..
Sudah jelas-jelas Rosululloh mengumumkan, bahwa perempuan dilarang memakai pakaian laki-laki, begitu juga sebaliknya, laki-laki dilarang memakai pakaian perempuan. Kalo yang tadi sebatas pengumuman, tapi untuk yang ini Rosululloh melaknat, laki-laki yang menyerupai perempuan dan sebaliknya. Mau itu gaya bicaranya, gerak-geriknya, cara jalannya, pakaian dan sebagainya.
Friend..
Udah jelas banget, bahwa manusia hanya mempunyai 2 tabiat (tabiat laki-laki dan tabiat perempuan). Masing-masing punya keistimewaan sendiri-sendiri. So, jangan sampe kita memiliki sikap abnormal, manusia jadi-jadian (laki-laki jadi wanita, atau sebaliknya).
Rasululloh SAW pernah menghitung orang-orang yang dilaknat di dunia ini dan disambutnya juga oleh Malaikat, diantaranya ialah laki-laki yang memang oleh Alloh dijadikan betul-betul laki-laki, tetapi dia menjadikan dirinya sebagai perempuan dan menyerupai perempuan; dan yang kedua, yaitu perempuan yang memang dicipta oleh Alloh sebagai perempuan betul-betul, tetapi kemudian dia menjadikan dirinya sebagai laki-laki dan menyerupai orang laki-laki (Hadis Riwayat Thabarani). Berkaitan dengan hal ini, Ali dan Umar pernah ditegur oleh Rosululloh.
Ali RA berkata :
"Rasululloh s. a. w. pernah melarang aku memakai cincin emas dan pakaian sutera dan pakaian yang dicelup dengan 'ashfar (zat warna berwarna kuning yang biasa dipakai untuk mencelup pakaian-pakaian wanita di zaman itu).” (Hadis Riwayat Thabarani)
Ibnu Umar pun pernah meriwayatkan :
“Bahwa Rasululloh s.a.w. pernah melihat aku memakai dua pakaian yang dicelup dengan 'ashfar, maka sabda Nabi: “Ini adalah pakaian orang-orang kafir, oleh karena itu jangan kamu pakai dia.”
Friend..
Jadilah ‘lelaki yang betul’, bila ia ditakdirkan menjadi laki-laki, maka ia betul-betul lelaki. Cowok ideal nggak hidup dalam dua alam, ia adalah lelaki sejati.

9. Humoris
Friend..
Siapa bilang cowok ideal nggak humoris, buktinya Rosululloh aja humoris. Meskipun Rosullulloh sosok yang sangat diteladani dan dihormati oleh para sahabat, keluarga dan masyarakat, tapi beliau nggak jaim-jaim banget. Mau tahu gimana candanya Rosululloh?
Rosululloh menantang Aisyah, istri tercintanya untuk balapan lari. Karena Aisyah masih ramping dan lincah, maka ia mampu mengalahkan Rosululloh dan ia menjadi pemenangnya. Beberapa tahun setelah kekalahan itu, Rosululloh mengajak Aisyah untuk bertarung kembali dalam perlombaan lari untuk yang kedua kalinya. Dan kali ini yang menjadi pemenangnya adalah Rosululloh. Harap dimaklumi, namanya wanita cepat gemuk, bobot badan makin berat, lari makin lamban, begitupun Aisyah. Sambil terengah-engah kecapean menuju garis finish, Rosululloh berkata : “Skor kita sekarang satu-satu ya, ini balasan kekalahanku yang dulu.” Kontan aja wajah Aisyah cemberut manja (Tuh, humoris banget kan?).
Pernah juga Rosululloh didatangi oleh Nenek-nenek. Setelah sampai dihadapan Rosululloh, Nenek itu bertanya : “Wahai Rosululloh, doain saya ya, supaya bisa masuk syurga bersamamu.” Mendengar itu, wajah Rosul jadi serius.
“Aduh Nek, maaf ya. Di syurga nanti nggak ada nenek-nenek.” Belum selesai Rosulloh menjelaskan, si Nenek udah keburu banjir air mata. Ia melangkahkan kaki mau pulang.
“Nek, Nek, tunggu!” Rosululloh memanggil si Nenek. “Nenek kenapa nangis? Nek, di syurga memang nggak ada Nenek-nenek, semuanya menjadi gadis-gadis perawan. Begitu, Nek..” Spontan si Nenek sumringah, ia meninggalkan Rosululloh sambil senyum kegirangan (Gimana, humoris banget kan?)
Friend..
Dengan catatan, Rosululloh bercanda dengan kata-kata yang benar, tidak berdusta (bohong). Nah, cowok ideal pun begitu, ia adalah sosok yang humoris dengan kata-kata candaan yang benar, baik, tidak jorok dan tidak kasar.

10. Sederhana dan jujur
Friend..
Cowok ideal adalah cowok yang sederhana (nggak neko-neko), hidupnya nggak serba mewah dan berlebih-lebihan. Contohnya aja masalah pakaian. Cowok ideal nggak terlalu pusing dengan perkembangan zaman, lantas menuntut diri untuk menjadi cowok metropolis. Misalnya dari segi fashion mengikuti perkembangan zaman, pake tato, anting telinga dan dihidung, rambut belah pinggir, (nutupin satu mata kaya pembajak laut), gelang berduri, dan sebagainya.
Friend..
Cowok ideal mengikuti hidup sederhana yang diterapkan idolanya, Rosululloh. Rosululloh memakai pakaian yang ada dan tidak memaksakan untuk harus ada. Meskipun begitu, Rosululloh memakai pakaian yang sesuai, memakai pakaian yang baik / bagus jika menyambut utusan atau pada hari raya.
Diriwayatkan oleh Imam Tirmizi, bahwa Abu Muhammad Fadlalah bin Ubaid Al Anshori RA pernah mendengar Rosululloh SAW bersabda :
“Berbahagialah barang siapa yang mendapatkan hidayah untuk memeluk agama Islam, sedang keadaan hidupnya sederhana tetapi Qona’ah, yaitu rela dan merasa cukup dengan pemberian Alloh yang sederhana itu.”
Friend..
Sudahkah kita memiliki sifat jujur? (jawab dengan jujur ya..). Jujur dan kejujuran adalah adalah dua kata yang berbeda, jujur kata sifat, sedangkan kejujuran kata benda. Tapi yang tepenting cowok ideal harus memiliki sifat ini, jujur. Baik pada diri sendiri, dan orang lain. Rosululloh bersabda :
“Wajib atas kalian semua untuk jujur, karena jujur akan membimbing kepada kebaikan, dan kebaikan akan membimbing ke syurga. Seseorang senantiasa berbuat jujur dan memilih kejujuran sehingga dia ditulis disisi Alloh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian dusta, kerena dusta akan membawa kepada keburukan, dan keburukan akan menyeret ke neraka. Seseorang hamba senantiasa berdusta, dan dia memilih kedustaan, sehingga ditulis disisi Alloh sebagai pendusta.” (HR. Bukhori dan Muslim)
Friend..
Hati-hati dengan mereka yang belum memiliki sifat jujur pasalnya, nggak sedikit lho keluarga yang hancur berantakan lantaran nggak ada yang mau jujur. (hayo, nggak mau kan?) So, jujur itu penting banget, baik pada diri sendiri dan orang lain.

11. Lemah lembut dan lapang dada
Friend..
Karakteristik ini udah pasti dimiliki oleh cowok ideal, setiap berkata dan bertindak ia pikirkan terlebih dahulu, khawatir ia akan menyakiti orang lain. Cowok ideal bicaranya nggak kasar, ia juga nggak menampilkan sosok yang dominasi, tidak mau kalah dalam segala hal, kecuali hal-hal yang prinsip.
Alloh menyukai orang yang bersikap lemah lembut, karena Alloh Maha Lembut. Alloh berfirman :
“Alloh Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (Asy-Syuro :19)
Friend..
Sikap lemah lembut ini juga harus dimiliki jika kamu berumah tangga nanti. Kenapa begitu? Coba deh, kalo kita mengingat kembali awal penciptaan manusia pertama, Nabi Adam. Jika Adam dijadikan daripada inti sari pati tanah, tetapi Hawa tidak, Hawa dijadikan dari tulang rusuk Nabi Adam. Mereka pun disatukan, meskipun asal-usul kejadian yang berbeda. Hikmahnya jelas bahwa Alloh menciptakan Hawa karena hakikatnya adalah rohaniyah, perasaan dan secara fisik mereka seolah-olah satu jasad yang sama. Maka dari itu, kenapa perasaan wanita lebih sensitif dan mudah hanyut dalam arus kemarahan.
Hafsah, istri Rosululloh pernah berpaling semalaman dari Beliau. Umar (Bapaknya Hafsah) memarahi putrinya yang berani berpaling dari Rosululloh. Umpatan Umar tersebut disampaikan oleh Rosululloh, bagaimana tanggapan Rosululloh? Beliau tidak ikut marah, melainkan tersenyum. Subhanalloh, Rosululloh mau menerima fitrah manusiawi wanita dengan sikap lapang dada. Rosululloh tahu bagaimana menyelami lubuk jiwa istrinya dengan bijak dan lemah lembut.

12. Penyabar dan istiqomah
Friend..
Cowok ideal selalu berpakaian sabar dan istiqomah. Sabar terhadap perintah dan larangan Alloh dan Rosul-Nya. Karena hanya dengan sabar dan istiqomah, yang akan menyelamatkan manusia dari kesesatan dunia dan azab di akhirat.
Dari Abu Yahya (Suhaib) bin Sinan Ar Rumy RA. Rosululloh bersabda :
“Sangat mengangumkan keadaan seorang mu’min, sebab segala keadaannya ia untuk ia sangat baik, dan ini hanya didapatkan pada orang yang beriman saja. Jika mendapatkan nikmat ia bersyukur, maka syukur itu merupakan kebaikan baginya, dan bila menderita kesusahan ia sabar, maka kesabaran itu merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim)
Alloh berfirman :
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Alloh", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (Al Ahqof : 13-14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)