Senin, 21 Juli 2008

Beragam Tayangan Ramadhan dari "TPI"


Para peserta acara "Mimbar Da'i dan Mimbar Da'iah" di TPI. [Foto: Istimewa]

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, stasiun televisi TPI akan menayangkan program spesial Ramadhan bertajuk Mimbar Da'iah setiap Sabtu, sejak 16 September 2006 dan Mimbar Da'i setiap Minggu, pukul 15.00 - 17.00 WIB.

Kedua program tersebut merupakan acara pencarian bakat para dai dan daiah, dan merupakan kelanjutan dari program pencarian bakat dai yang telah sukses ditayangkan TPI pada Ramadhan tahun lalu. Bahkan acara grand final dai tahun lalu yang bertajuk Kubah Da'i mendapatkan penghargaan Syiar Ramadhan Award 2005 dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Tayangan ini juga terbukti telah memberi inspirasi bagi hadirnya program sejenis di stasiun televisi lain. Karena itu tahun ini kami mencoba mengembangkan tayangan tersebut dengan memberi kesempatan kepada para daiah," kata Direktur Utama TPI, Sang Nyoman Suwisma, di hadapan sejumlah wartawan di Jakarta, Selasa (12/9) siang.

Menurutnya, berdasarkan hasil audisi yang dilaksanakan di tujuh kota, yaitu Medan, Semarang, Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Bandung, dan Jakarta, kemudian dilanjutkan dengan penyeleksian melalui tayangan bertajuk Titian Da'i dan Titian Da'iah beberapa waktu lalu, terpilihlah 10 calon dai dan 10 calon daiah.

"Mereka yang terpilih ini menawarkan gaya berdakwah yang unik dan sangat menjanjikan. Misalnya ada yang berdakwah sambil memainkan puppet (boneka wayang golek), ada pula yang pandai menjelaskan ajaran agama Islam dari segi ilmiah, dan masih banyak lagi keunikan lain dari para calon dai dan daiah yang belum pernah kita temui sebelumnya," tuturnya.

Nyoman Suwisma menambahkan, para juri yang disebut sebagai mualim dan muallimat berasal dari berbagai kalangan seperti ulama, akademisi, pejabat dan selebritis, di antaranya Jeffrey Al Bukhori, Rhoma Irama, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault, Menteri Agama Maftuh Basyuni, Lutfiah Sungkar, Marrisa Haque, Ratih Sang, Astri Ivo, Meidiana Hoetomo, Neno Warisman, Berliana Febrianti, dan lain-lain.

Dia menjelaskan, dalam kesehariannya para dai dan daiah dikarantina di Desa Gumati, Sentul, Bogor, dengan berbagai aktivitas. Mulai dari pelatihan, pengajaran, simulasi dari para ustadz , kegiatan di alam terbuka, renungan, tahlil, dzikir, mengaji, dan sebagainya, yang akan ditayangkan dalam program Pondok Da'i dan Pondok Da'iah mulai 16 September, setiap Sabtu dan Minggu, pukul 04.30 - 05.00 WIB.

Menurut Sang Nyoman Suwisma, tiga orang dai dan tiga orang daiah yang terpilih dalam tayangan grand final bertajuk Kubah Da'i dan Da'iah, nantinya akan mendapatkan hadiah menunaikan ibadah haji dan uang puluhan juta rupiah. Sedangkan hadiah umroh serta uang jutaan rupiah akan diberikan bagi para finalis dai dan daiah.

Selain menampilkan tayangan dai dan daiah, TPI juga telah mempersiapkan beberapa program Ramadhan lainnya. Untuk menemani pemirsa bersantap sahur akan ditayangkan program religi bertajuk 1/3 Malam yang menghadirkan dai kondang Aa Gym setiap hari pukul 02.00-02.30 WIB. Acara yang diawali dengan shalat tahajud ini akan menampilkan siraman rohani dan curahan hati (curhat) dari makmum kepada Aa Gym.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan tayangan variety show komedi bertajuk Komedi Putar, setiap pukul 02.30 - 04.30 WIB. Siaran langsung 20 menit ini didukung oleh beberapa artis, di antaranya komedian Cagur yang terdiri atas Narji, Denny, dan Wendy, Rieke Dyah Pitaloka, Ucok Baba, dan Teamlo.

Sedangkan pada waktu berbuka puasa, TPI akan menemani pemirsanya melalui tayangan variety show berjudul 1/2 Apartemen yang ditayangkan setiap hari pukul 17.30-19.00 WIB. Acara ini juga akan menampilkan beberapa artis, di antaranya Eko Patrio, Akri, Parto, Dessy Ratnasari, Anya Dwinov, Tarzan, Nirina Zubir, Melky Bajaj, dan lain-lain.

Beberapa sinetron religi juga telah siap ditayangkan sepanjang bulan suci Ramadhan, di antaranya Hidayah Mu setiap Senin-Jumat pukul 16.30 WIB, dan Kehendak Mu : Annisa setiap Senin - Jumat pukul 14.30 - 05.00 WIB, mulai 25 September mendatang. [Y-6]

Copy dari : http://www.suarapembaruan.com/News/2006/09/15/Hiburan/hib02.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)