Kamis, 31 Juli 2008

Bakar Sate Pertama

Siang itu (12/11), kembali kami duduk melingkar. Bedah karya sambil telaah (Bakar Sate). Sudah lama kami tak berkumpul. Terakhir, sebelum Ramadhan kalau tak salah. Saat Ramadhan pengurus disibukkan oleh penerimaan anggota baru. Karena keterbatasan SDM, anggota lama terlupakan.

Tak banyak pesertanya memang. Hanya saya, Hamzah Puadi, Ikmal dan Lulu. Denny datang belakangan, karena mengisi materi pertemuan FLP Bekasi. Di sebelah kami, Dini memimpin pertemuan anggota baru FLP (Batre angkatan IV). Tema pertemuan Batre IV masih mengenai setting. Jadi siang itu ada dua kelompok diskusi di Rumah Cahaya Depok: Batre IV dan alumni Batre I-III

Pada kesempatan itu kami menyepakati pertemuan alumni Batre I-III. Kami sepakat, pertemuan alumni Batre diselenggarakan satu bulan sekali setiap minggu kedua. Materi pertemuan, bahas karya. Hal-hal yang bersifat teoritis akan mengekori karya. Jika ada peserta yang membawa cerpen, esai, puisi dll dengan sudut pandang unik, kami akan membahas sudut pandang. Yang paling penting, kan praktek menulisnya, bukan sekedar teori.

Mas Hamzah membawa cerpennya yang dimuat di The Jakarta Post(JP). Agustus lalu cerpen Rendang Dagingnya juga dimuat di Suara Karya. Cerpen yang muncul di Jakarta Post(JP) itu berjudul Midwife, artinya dukun beranak. Dia memang jago menulis dalam bahasa Inggris. Maklum, staff pengajar LIA Jakarta. Kami mencoba mencermati cerpen tersebut. Sayangnya karena kemampuan bahasa Inggris yang lemah, kami jadi lebih banyak bertanya arti kata perkata daripada menelaah isi cerpennya.

Menurut Mas Hamzah, The Jakarta Post(JP) juga menerima cerpen dalam bahasa Indonesia. Redaksi akan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Tema yang disukai, budaya Indonesia/lokal. JP bacaan orang asing yang tinggal di Indonesia. seperti halnya kita, mereka juga tertarik dengan budaya-budaya Indonesia. JP juga cukup profesional menerima naskah. Setiap naskah yang dikirim ke sundaypost@thejakartapost.com akan mendapat balasan. Bahkan seminggu sebelum cerpennya dimuat, Mas Hamzah dikabari, cerpennya akan dimuat tanggal sekian bulan sekian. Tak banyak koran yang menerapkan prosedur bersahabat seperti ini.

Dalam pertemuan itu juga kami banyak mengorek pengalaman Lulu. Alumni PGTK Nurul Fikri dan Sinematografi IKJ ini menjadi Daiyah TPI perwakilan Jakarta Ramadhan lalu. Kami ingin tahu, kewajiban apa saya yang diterima lulu setelah terpilih menjadi finalis Daiyah TPI 2006, apa saja aktuvitasnya setelah terpilih dan lain sebagainya. Saking banyak hal yang ingin kami ketahui, tercetus ide “bikin saja buku memoar semala mengikuti program Daiyah. Lulu hanya tersenyum menanggapi usul tersebut. Menurut Lulu, TPI menerapkan kontrak selama 2 tahun untuk seluruh Dai/Daiyah. Selama itu, Dai/Daiyah dimanajemeni oleh MNC, perusahaan di mana TP bernaung. Rencananya bulan depan Lulu dan Daiyah lainnya akan mulai tour keliling Jabodetabek. “Nggak bakal sempat main-main ke Rumcay lagi, dong,” goda kami. Lulu hanya tersenyum. Dia tak henti-hentinya mengucap terima kasih atas dukungan sms yang diberikan padanya. Bertambah lagi potensi FLP, kalau acara FLP mau pake tausyiah dan sejenisnya, tinggal panggil Lulu.

Menjelang asar kami mengakhiri pertemuan. Kami sepakat, bulan depan ketika berkumpul lagi, harus membawa karya. Khusus bagi yang ingin karyanya dibedah, karya harus dikirm dulu ke flpdepok@gmail.com, agar bisa dibaca dulu sebelum pertemuan.

Bakar sate bukan forum ahli atau diskusi para penulis handal. Kami semua masih pemula. Belum banyak karya yang dinikmati pembaca. Namun dari pertemuan ini, kami selalu berharap, bara di dada selalu menyala. Malas menulis bisa diatasi. Semangat berkomperisi berkobar-kobar. Sesuatu yang besar selalu berawal dari yang kecil. Semoga pertemuan kecil kami ini bisa bermanfaat, bagi diri sendiri, umat manusia dan dunia. Insya Allah (Koko Nata)

reCopy Bakar Sate Pertama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk sekedar saran, kritik dll.

Anda suka dengan artikel Lulu masukan Email anda untuk berlangganan (Gratis):

Delivered by FeedBurner


http://www.o-om.com Did You Know... »» (?)